PENDEKATAN BEYOND CENTRES AND CIRCLE TIME (BCCT) DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI RA MASYITHOH SAMPANGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. UNGARAN. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAI UNDARIS, 2022

Matori Siti Hamidah

Abstract


Pendidikan anak usia TK/RA yang berkualitas mempunyai manfaat yang tidak berkesudahan. Anak pada fase usia ini memiliki sifat yang unik karena di dunia ini tidak ada satu pun anak yang sama, meskipun lahir kembar, mereka dilahirkan dengan potensi yang berbeda, memiliki kelebihan, kekurangan, bakat, dan minat masing- masing. Ada anak yang suka menyanyi, menari, IPA, matematika, bahasa, atau olahraga. Beyond Center and Circle Time atau pembelajaran sentra dan lingkaran merupakan model pembelajaran dengan konsep belajar sambil bermain atau bermain sambil belajar dalam pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan Beyond Centres And Circle Time (BCCT) dalam penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam serta faktor pendukung dan penghambat penerapan pendekatan Beyond Centres And Circle Time (BCCT) dalam penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di RA Masyithoh Sampangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan studi lapangan (field research) yaitu penelitian yang obyek utamanya pada kenyataan lapangan. Pendekatan yang penulis lakukan dalam memperoleh data yaitu langsung terjun ke obyek penelitian, dengan menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diseleksi dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian di RA Masyithoh Sampangan ialah: 1) Penerapan pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) di RA Masyithoh Sampangan adalah perencanaan dalam menetapkan apa yang mau dilakukan, kapan dan bagaimana cara melakukannya, serta membatasi sasaran dan menetapkan pelaksanaan kerja untuk mencapai hasil yang maksimal melalui proses penentuan target, mengembangkan perencanaan kegiatan pembelajaran yaitu Rencana Kegiatan Harian (RKH), Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), dan Rencana Kegiatan Bulanan (RKB). 2) Faktor Pendukung dan Penghambat a) Faktor yang mendukung antara lain:. Guru, kepala sekolah, anak, orang tua, sarana dan prasarana serta lingkungan b) faktor penghambat yaitu guru dan anak

Quality Kindergarten/RA age children's education has endless benefits. Children at this age phase have unique characteristics because in this world no single child is the same, even though they are born with twins, they are born with different potentials, have their own strengths, weaknesses, talents, and interests. There are children who like singing, dancing, science, math, language, or sports. Beyond Center and Circle Time or learning centers and circles is a learning model with the concept of learning while playing or playing while learning in early childhood education. This study aims to determine the application of the Beyond Centers And Circle Time (BCCT) approach in inculcating Islamic Religious Education values as well as the supporting and inhibiting factors for implementing the Beyond Centers And Circle Time (BCCT) approach in inculcating Islamic Religious Education values at RA Masyithoh Sampangan. This study uses a qualitative method by conducting field studies (field research), namely research whose main object is the reality of the field. The approach that the author takes in obtaining data is to go directly to the object of research, using a qualitative approach, collecting data using interview, observation, and documentation techniques. The collected data is then selected and analyzed through data reduction, data presentation, and verification. The results of the research at RA Masyithoh Sampangan are: 1) The application of Beyond Center and Circle Time (BCCT) learning at RA Masyithoh Sampangan is planning in determining what to do, when and how to do it, as well as limiting targets and determining work implementation to achieve desired results. maximally through the process of determining targets, developing learning activity plans, namely the Daily Activity Plan (RKH), Weekly Activity Plan (RKM), and Monthly Activity Plan (RKB). 2) Supporting and Inhibiting Factors a) Supporting factors include:. Teachers, school principals, children, parents, facilities and infrastructure as well as the environment b) inhibiting factors, namely teachers and children.


Keywords


Application of BCCT, Islamic Religious Education

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono.2003.Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan

Belajar.Jakarta: Rineka Cipta

Ahmad Saebani Beni, Hendra Akhdiyat. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung:

CV. Pustaka Setia

Al-Abrasyi, M. Athiyah. 1990. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta:

Bulan Bintang

Al Qur’an dan Terjemahannya. Departemen Agama RI.

A.M, Sardiman.2000.Interaksi dan Motivasi Belajar.Jakarta:Rineka Cipta

Azzra, Azyumardi.2002.Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi Menuju

Milenium Baru.Jakarta: Wacana Ilmu.

Barnadib, Imam. 1994. Filsafat pendidikan: Sistem dan Metode. Yogyakarta:

Penerbit Andi Offset.

Darmuin. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Karakter Taman Kanak-Kanak l.

Semarang: Rizki Putra

Darajat, Zakiah. 2000.Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta : Bumi

Aksara

Darajat, Zakiah, dkk. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Syaeful Bahri.2002.Psikologi Belajar.Jakarta:Rineka Cipta Ebook: 2013. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah,

Modul Model Pembelajaran PAUD

Gutama. 2006. Pedoman PenerapanPendekatan “Beyond Centers And Circle Time

(BCCT)â€(Pendekatan Sentra Dan Lingkaran) Dalam Pendidikan Anak Usia

Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Elok, Noer Faiqoh. 2008. Pelaksanaan Pendekatan Beyond Centers And Circle

Time (BCCT) di Kelompok Bermain Nur Shalehah Desa Jenggawur

Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Skripsi. Program Studi Pendidikan

Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri

Purwokerto

Faisal, Sanapiah.1982.Metodologi Penelitian dan Pendidikan.Surabaya: Usaha

Nasional

Gunawan Heri. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agma Islam.

Bandung: Alfabeta.

Joko Hartanto. 2007. Konsep PAUD Dengan Pendekatan BCCT, Makalah Bagi

Tenaga Pendidik PAUD yang diadakan oleh " MPM AISYIYAH " Jawa

Tengah

Khasanah, Inganatul. 2017. Implementasi Pendekatan Sentra dan Lingkaran

(Beyond Center And Circle Time) dalam Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan

Islam di KBIT Insan Kamil Cibenon Kecamatan Sidareja Tahun Ajaran

/2012.Skripsi. Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri

Walisongo Semarang

Latif, Mukhtar. Dkk. 2014. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini, Teori dan

Aplikasi. Jakarta: Kencana

Magazine, Mahjubah. 1993. Pendidikan Anak Sejak Usia Dini Hingga Masa

Depan. Jakarta: CV Firdaus

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Pemuda Rosda Karya

Munjin, Ahmad Nasih dan Lilik Nur Kholidah. 2009. Metode dan Teknik

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Refika Aditama,

Muhadjir, Noeng.1998. Metodologi Penelitian Kualitatif: Pendekatan Positivistik,

Rasionalistik, Phononomenologik, dan Realisme Metaphisik Telaah Studi

Teks dan Penelitian Agama.Yogyakarta: Rake Sarasin

Muri’ah, Siti. 2011. Nilai-Nilai Pendidikan Islam dan Wanita Karir. Semarang:

RaSAIL Media Group




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v6i1.319

Article Metrics

Abstract view : 48 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.