PESANTREN SEBAGAI MODEL LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER

Sri Haryati Khoiriyah

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu hak dasar warga negara yang harus dipenuhi oleh negara. Pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan yang memiliki core value pada nilai dan karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pesantren sebagai model lembaga pendidikan berbasis karakter. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Data dianalisis menggunakan model analisis deskriptif yang terdiri dari pengumpulan data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa moral universal yang absolut hanya bisa diperoleh dari ajaran agama (the golden role), dan hanya pesantren yang menjadikan agama sebagai sumber utama penanaman nilai karakter. Pesantren memiliki lima pokok ajaran yang dikenal dengan panca jiwa pondok pesantren, yakni; (a). Jiwa keikhlasan; (b). Jiwa kesederhaan; (c). Jiwa ukhuwah islamiyah; (d). Jiwa kemandirian; (e). Jiwa kebebasan dalam berfikir

Education is one of the basic rights of citizen that should be filled with by the state. Islamic boarding School as one of the educational institution that has core value to the character This study uses a qualitative descriptive approach. Data collection techniques using documentation, interviews, and observations. The data were analyzed using a descriptive analysis model consisting of data collection, and drawing conclusions (verification). This study uses a qualitative descriptive approach Absolute universal moral only be obtained from religious teaching (the golden role), Islamic boarding school made religion as a main source of character values. In this application, Islamic boarding school has five main teachings that known as the five spirit of Islamic boarding school, namely; (a). The spirit of sincerity; (b). The spirit of simplicity; (c). The spirit of ukhuwah Islamiyah; (d). The spirit of Self-reliance; (e). The spirit of freedom to think.


Keywords


caracter; education; pesantren

Full Text:

PDF

References


Chandra, Pasmah (2019). Internalisasi Nilai-nilai Karakter dalam Tradisi Pondok

Pesantren. IAIN Bengkulu: Jurnal Nuansa vol. XII.

Fahham, A. Muhaddam (2013). Pendidikan Karakter di Pesantren. Jakarta: Pusat

Pengkajian, Pengolahan Data, dan Informasi (P3DI) Sekretariat DPR RI.

Haryati, sri t.t. Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Magelang: FKIP-UTM.

Kemdiknas (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan

Nasional.

Kurniawan, Asep t.t. Pendidikan Karakter di Pondok Pesantrendalam Menjawab Krisis

Sosial. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Lickona, Thomas, (2008), Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa

Menjadi Pintar dan Baik. Terjemahan Lita S. Bandung: Nusa Media.

Oktari, Dian popi dan Aceng Kosasih (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri

di Pesantren. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Silfiyasari, Mita, Ashif Az-Zafi (2020). Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di

Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia Vol. 5 No.1, oktober 2020.

Undang-undang no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pdf.

Zuhri, M. Syaifudien (2011). Budaya Pesantren dan Pendidikan Karakter pada Pondok

Pesantren Salaf. Semarang: Jurnal Walisongo




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v6i1.318

Article Metrics

Abstract view : 39 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.