KREATIVITAS GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di SD Negeri Sutopati 4 Kelas IV Tahun Ajaran 2021/2022)

Imam Anas Hadi Basri

Abstract


Pandemi covid-19 yang mengharuskan kita untuk tetap dirumah saja, maka seluruh aktivitas dilakukan dari rumah salah satunya adalah belajar dari rumah dengan menggunakan fasilitas yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui proses pembelajaran PAI selama pandemi di SD Negeri Sutopati 4. (2) untuk mengetahui problematika apa yang dialami guru PAI selama pembelajaran dimasa pandemi di SD Negeri Sutopati 4. (3) untuk mengetahui bagaimanakah kreativitas guru PAI dalam pembelajaran di masa pandemic di SD Negeri Sutopati 4. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pendekatan kualitatif menekankan makna, penalaran, definisi suatu situasi tertentu (dalam konteks tertentu), serta lebih banyak meneliti hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Pendekatan kualitatif juga mementingkan proses daripada hasil akhir. Oleh karena itu urutan kegiatan dapat berubah-ubah tergantung pada kondisi dan banyaknya gejala-gejala yang ditemukan. Tujuan utama penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif adalah mengembangkan pengertian, konsepkonsep yang ada dan pada akhirnya menjadi teori. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) kegiatan belajar mengajar SD Negeri Sutopati 4 pada masa pandemi covid-19 menggunakan aplikasi whatsapp, aplikasi ini menjadikan media utama untuk menunjang pembelajaran selama pandemi. (2) problematika pembelajaran online yang dialami guru PAI SD Negeri Sutopati 4 dimasa pandemi covid-19 yaitu masih terbatasnya alat penunjang pembelajaran untuk siswa, baik smartphone ataupun jaringan yang memadai. (3) cara penyampaian materi yaitu guru memberikan materi berupa gambar dan video yang ada di youtube yang berkaitan dengan materi pelajaran, acuan yang digunakan guru yaitu buku paket dan buku lks. Kata kunci : Pendidikan Agama Islam, Kreativitas dalam pembelajaran daring The covid-19 pandemic which requires us to stay at home, so all activities are carried out from home, one of which is learning from home using existing facilities. The aims of this study were: (1) to find out the PAI learning process during the pandemic at SD Negeri Sutopati 4. (2) to find out what problems were experienced by PAI teachers during learning during the pandemic at SD Negeri Sutopati 4. (3) to find out how creativity was PAI teachers in learning during the pandemic at SD Negeri Sutopati 4.This study uses a qualitative approach, a qualitative approach emphasizes meaning, reasoning, the definition of a particular situation (in a certain context), as well as researching more things related to everyday life. The qualitative approach is also concerned with the process rather than the final result. Therefore, the sequence of activities may vary depending on the conditions and the number of symptoms found. The main purpose of research using a qualitative approach is to develop understanding, existing concepts and ultimately become a theory.The results of this study show: (1) teaching and learning activities at SD Negeri Sutopati 4 during the covid-19 pandemic using the whatsapp application, this application makes the main media to support learning during the pandemic. (2) the problem of online learning experienced by PAI teachers at SD Negeri Sutopati 4 during the covid-19 pandemic, namely the limited learning support tools for students, both smartphones or adequate networks. (3) the method of delivering the material, namely the teacher provides material in the form of pictures and videos on YouTube related to the subject matter, the references used by the teacher are textbooks and textbooks.

Keywords


Pendidikan Agama Islam; Kreativitas dalam pembelajaran daring; Islamic Religious Education; Creativity in online learning

Full Text:

PDF

References


Ahid, Nur. 2010. Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: PUSTAKA

PELAJAR.

Asmuni. 2020. “Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan

Solusi Pemecahannyaâ€. Hal. 283-284. Lombok Timur : SMA Negeri 1 Selong

Kabupaten Lombok Timur.

Buan, Yohana Afliani Ludo. 2020. Guru dan Pendidikan Karakter. Jawa Barat: CV.

Adanu Abimata.

Buna’i. 2021. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Dahwadin, & Farhan Sifa Nugraha. 2019. Motivasi dan Pembelajaran Pendidikan Agama

Islam. Wonosobo: Mangku Bumi Media.

Fahyuni, Eni Fariyatul & Nurdyansyah. 2019. Inovasi Pembelajaran PAI SD/SMP/SMA.

Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Fatma, Yulia. 2021. Kreativitas Guru PAI Menggunakan Media Pembelajaran Pada

Masa Pandemi Covid 19 Di SMK N 1 Baso Kabupaten Agam. Skripsi. Bukit Tinggi:

IAIN Bukit Tinggi.

Gusty, Sri, Dkk. 2020. Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi

Covid-19. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Haryati, Nik. 2014. Ilmu Pendidikan Islam (IPI). Malang: Gunung Samudera.

Haudi. 2021. Strategi Pembelajaran. Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri

Hawi, Akmal. 2013. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.

K, R. Gilang. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Banyumas:

Redaksi Lg.

Lestari, Ika & Linda Zakiah. 2019. “Kreativitas dalam Konteks Pembelajaranâ€. Bogor:

ERZATAMA KARYA ABADI.

Maemunawati Siti, & Muhammad Alif. 2020. Peran Guru, Orang Tua, Metode dan

Media Pembelajaran:Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Banten: Penerbit

M Media Karya Serang.

Mahfud, Rois. 2011. Al-Islam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PENERBIT

ERLANGGA.

Masrul, dkk. 2020. Pandemik Covid-19. Surabaya: Kita Menulis.

Muhaimin. 2015. Manajemen Pendidikan: Aplikasi dalam Penyusunan Rencana

Pengembangan Sekolah/madrasah. Jakarta: Prenamedia Group.

Murti, Andi Al-Ashaeri Eka. 2021. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Online

Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid19 Siswa SD Inpres 12/79 Polewali Kecamatan Libureng Kabupaten Bone. Skripsi,

Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Noor, Moh. 2019. Guru Profesional dan Berkualitas. Semarang: ALPRIN

Octavia, Shilpy A. Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Relisa, & dkk. 2019. Kreativitas Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta:

Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan

pengembangan, Kementerian Pendidikan dan kebijakan.

Risdamayanti, 2021. “Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi

Covid-19 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri 2

Ponorogoâ€. Skripsi, Ponorogo: IAIN Ponorogo Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu

Keguruan.

Rudi Nurjaman, Asep. 2020. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Sinar Grafika Offset

Rukin. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Takalar Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar

Cendekia Indonesia.

Sidiq, Umar. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV.

Nata Karya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

ALFABETA, CV.

Supatmaningsih, Tuti. & dkk. 2020. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: CV. MEDIA

SAINS INDONESIA.

Syarifuddin, Arief. 2020. Implikasi Pandemi Covid-19 Terhadap Sistem HSE (health and

safety environment) Pada Nelayan di Pulau Madura. Tanah Laut: Politala Press




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v6i1.316

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.