DAMPAK KEBIJAKAN KURIKULUM 2013 PADA KEBERHASILAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA KELAS XI DI SMAN 1 BRINGIN KEC. BRINGIN KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN

Ahmad Khoirudin Imam Anas Hadi

Abstract


Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta dalam  satu  periode  jenjang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk Mengetahui Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMAN 1 Bringin Kec. Bringin Kab. Semarang : (2) Untuk mengetahui Akhlak Siswa Kelas XI di SMAN 1 Bringin Kec. Bringin Kab. Semarang: (3)Untuk mengetahui Dampak Kebijakan Kurikulum 2013 Pada Keberhasilan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Kelas XI Siswa di SMA N 1 Bringin Kec. Bringin Kab. Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis pendekatan metode kualitatif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan pertanyaan- pertanyaan tentang dampak kebijakan kurikulum 2013 pada keberhasilan guru PAI dalam membentuk ahklak siswa di SMA Negeri 1 Bringin. Pengumpulan data melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Teknis analisis datanya dengan cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak kebijakan kurikulum 2013 pada keberhasilan guru PAI dalam membentuk ahklak siswa di SMA Negeri 1 Bringin adalah:(1) Penerapan Kurikulum 2013 yang di laksanakan di SMA Negeri 1 Bringin sudah berjalan secara efektif dan membuahkan hasil yang baik sesuai dengan harapan para guru. Kurikulum merupakan kunci utama dalam pelaksanaan program pendidikan, juga menjadi pedoman bagi para guru di SMA N 1 Bringin. (2) akhlak para siswa kelas XI di SMA N 1 Bringin, dari hasil wawancara observasi dan dokumentasi yang telah penulis lakukan. Penulis menyimpulkan bahwa akhlak siswa Kelas XI di SMA N 1 Bringin sudah tergolong cukup baik. Dari hasil wawancara sebelum adanya pandemi Covid 19 para siswa selalu melakukan shalat lima waktu di sekolah , hormat kepada kedua orang tua, guru, staff sekolah dan sesama teman. (3) Dampak kebijakan kurikulum 2013 pada keberhasilan guru PAI dalam membentuk ahklak siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bringin yaitu akhlak dan karakter para siswa khususnya kelas XI semakin meningkat, adapun karakternya adalah sopan santun, jujur, dan malu.

 

 

Is the device curriculum subjects and their education program with an educational institution given by an institution who be given to contestants in one period of the level of education. The purpose of this research is: (1) to understand the implementation of 2013 curriculum in SMA N 1 Bringin sub-district Semarang dictrict : (2) to know of students XI in SMA N 1 Bringin sub-district Semarang dictrict: (3) to understand the impact of policy 2013 curriculum at success islamic education teachers in forming class of students in in SMA N 1 Bringin sub-district Semarang dictrict. The research is field research of the qualitative method, approach  described question research devoted to questions on the impact curriculum policy 2013 the success of islamic education teachers in forming morals students in state SMA Bringin 1. Data collection through observation, interview, and documentation. Technical data analysis by means, reduce data display data and draw conclusions. The research suggests that the impact of this policy curriculum 2013 the success of islamic education teachers in forming morals students in schools is 1 Bringin: (1) 2013 in implementing the curriculum in schools 1 bringin had been operating effectively and produce good results in conformity with expectation teachers. The curriculum is key to the implementation of the education, also a guide for teachers in high school and 1 Bringin. (2) attitude students in high school class XI Bringin 1 N, observation and documentation from the interviews have writers do .The author concluded that attitude in high school students xi bringin 1 N is considered to be good enough. From the results of interviews before the pandemic covid 19 students always praying night at school, respect to the parents, teachers, the school and a friend. ( 3 ) the impact curriculum policy 2013 the success of islamic education teachers in forming ahklak xi students in the state sma Bringin 1 moral and character the students in particular XI  class increase, and his character is manners, honest, and shame.

 

 


Keywords


Kurikulum 2013; Guru; Akhlak; curriculum 2013; teacher; morals

Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin, 2016, Metode Penelitian, Yogyakarta : Pustaka Pelajajar

Brainly. Tugas. Melalui https://brainly.co.id/3/2020/tugas.html, diakses pada 9 Maret 2020

Daradjat, Zakiah, 2014, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : PT. Bumi Aksara

Dunia Pendidikan. Kompetensi Guru Menurut UU No 14 Tahun 2005. Melalui

,http://duniapendidikanfisekt08.blogspot.com/3/2020/kompetensi-guru- menurut-uu-no-142005.html, diakses 10 Maret 2020

Hanafi, Halid, Adu La, Zainuddin, 2018, Ilmu Pendidikan Islam, Ngaglik Selman: CV. Budi Utama

Harnani, Yessi, Rasyid, Zulmeliza, 2015, Statistik Dasar Kesehatan, Ngaglik, Sleman: CV. Budi Utama

Helmawati, 2014, Pendidikan Keluarga, Bandung : PT. Rosda Karya

Jejak Pendidikan. Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum. Melalui http://www.jejakpendidikan.com/3/2020/pendidikan karakter-dalam- kurikulum-2013.html, diakses 7 Maret 2020

Liputan6. Tujuan Kurikulum 2013 dibalik Pro dan Kontra. melalui /https// www.liputan6.com//3/2020/tujuan-kurikulum-2013-di-balik-pro-kontra- penerapannya.html, diakses 11 Maret 2020

Lismina, 2018, Pengembangan Kurikulum di Sekolah dan perguruan Tinggi, Jawa Timur :Uwais Inspirasi Indonesia

Ludo Buan, Yohana Afliani, 2020, Guru dan pendidikan Karakter, Indramayu Jawa barat : CV. Adanu Abimata

Machali, Imam, Hidayat, Ara, 2018, The Hanbook Of Education Management, Jakarta: Prenadamedia Group

Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munandar, Arif, 2018, Pengantar Kurikulum, Yogyakarta: CV. Budi Utama

Nazir, Moh., 2017, Metode Penelitian, Ciawi-Bogor : Ghalia Indonesia

Pembinaan Akhlak. Melalui http://tugasakhiramik.blogspot.com/03/2020/pembinaan akhlak.html,diakses 9 Maret 2020 pukul 21.00 WIB

Pendidikan,Ilmu,2007, Ilmu dan Aplikasi pendidikan, PT. Imperial Bhakti Utama

Siyoto, Sandu, Sodik, Ali, 2015, Dasar Metodologi Penelitian: Karanganyar, Sleman: Literasi Media Publishing

Sumber dalam islam. Kedudukan Guru Dalam Islam.melalui, https://dalamislam.com/kedudukan-guru-di-dalam-islam,html, diakses 9 Maret 2020, pukul 22.00).

Tafsir, Ahmad. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Wardan, Khusnul, 2019, Guru Sebagai Profesi, Yogyakarta : CV. Budi Utama wawasan pengajaran, pengertian kelebihan dan kekuranganhttps// pengertian kelebihan dan kekurangan blogspot.com/2017/12/ html diakses 18 Maret 2021

Wikipedia, Penelitian Kualitattif melalui /http.//wikipediaorg.com/03/2021/ Penelitan Kualitatif html, diakses 18 Maret 2021

Wikipedia. Kurikulum 2013. melalui https://id.wikipedia.com 03/2020/Kurikulum 2013. html, diakses pada 11 Maret 2020

Zubaedi, 2013, Desain Pendidikan Karakter; Kompetensi dan Aplikasinya Dalam Lembaga pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v5i1.253

Article Metrics

Abstract view : 125 times
PDF - 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.