BERDIALOG DENGAN TEKS (KAJIAN HERMENEUTIK DENGAN METODE BAYANI)

Imam Anas Hadi

Abstract


Problem manusia menghadapi teks (wahyu) berfariatif dalam membaca, memahami menginterpretasikannya. Perbedaan itu muncul pada wilayah teks itu sendiri serta pada realitas sang pembaca (reader/qori’) atau penafsirnya (interpreter/ mufassir). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hermeneutik, sejarah teks, otoritas teks, kritis terhadap teks dan metode memehami teks. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang datanya didapat dengan melakukan penelitian pustaka (library research) diarahkan dalam memahami pesan-pesan yang ada dalam suatu teks. Hasil temuannya hermeneutik berasal dari kata Yunani hermeneuein, yang berarti menafsirkan. Historitas teks adalah sejarah teks Wahyu yang mulai terjadi perdebatan antara muktazilah dengan Asy’ariah terhadap eksistensi teks. Otoritas teks berusaha memunculkan epistemologisnya secara baru, dengan asumsi bahwa ia memperbaharui  teks-teks  yang mendahuluinnya, akan tetapi otoritas “ tektual†tersebut tidak akan bermetmorfosisi menjadi wewenang kultural-sosiologis, kecuali melalui kelompok yang mengadopsi teks dan mengubahnya menjadi kerangka idologi. kajian kritis dari hermeneutik teks mencakup pada analisis atau kritik wacana. Metode bayani diterapkan untuk memahami dan menganalisis teks guna menemukan atau mendapatkan makna yang dikandung dalam (dikehendaki) lafadz. Sebagai sebuah pendekatan

 

Kata kunci: hermeneutik, teks, metode

 

The problem human facing text (revelation) berfariatif, in reading understand. interpreting itThe difference that appears on the text itself and on the reality the readers (reader /qori ) or (interpreter/ mufassir). The purpose of this research is to find hermeneutic, history text, authority text, critical of the text and methods understand text. The research is the qualitative study that the data earned by doing research library ( library research ) directed in understanding pesan-pesan which is in a text. His innovation hermeneutic products derived from a greek hermeneuein, which means interpret. Historitas text is history text what started his muktazilah with temple Asy’ariah against existence text. Authority text trying to bring up epistemologisnya in new, assuming that he renew teks-teks that prefaced, but authority  text  it will not bermetmorfosisi rests with the kultural-sosiologis , except through groups adopt text and turn it into a framework idologi . he hermeneutic of covering on critical text analysis or criticism. Discourse. Bayani method applied to understand and analyse the text to find or obtain being guided by ) lafadz. ( inAs an approach

 

Key words: , hermeneutic the text, the method


Keywords


hermeneutik;teks;metode;hermeneutic the text; the method

Full Text:

PDF

References


Abu al-fadh ibrahim, muhammad, 1979, Tarikh al-rasul wa al-mulk, Kairo: Darul al-Maarif.

Ahmad, Warson Munawwir, 1984, Kamus al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap, Yogyakarta: Pustaka Progresif.

Al- Jazaairy, Abi Bakar Jabir, 1994, Aysaar at Tafaasir Likalaami al ‘Aliyyi al Kabiir, Madinahlm: Maktabat al-Ulum wa al-Hikam.

Al-Khalaf, Abdul Wahab, 1978, Ilmu Ushul Fiqh, Kuwait: Dari al-Qalam.

Palmer, Richard, 1969, Hermeneutic; Interpretation Theory in Schleirmacher, Dilthey Heiddeger ang Gadamer, Northwestrn: University Press.

E. Sumaryono, 1993, Hermeneutik; Sebuah Metode Filsafat, Yogyakarta: Kanesius.

Eliade, Mircea, 1987, The Encyclopadea of relegion, Artikel Van A. Hervey, Hermeneutics, New York: Macmillan Publising Compeny, vol. VI.

Gillian Brown & Gerge Yule, 1996, Analisis Wacana, terj. L. Soetekno, Jakarta: Gramedia.

Hanafi, Hasan 1981, Dirasat Islamiyyat, Kairo: maktabat al-‘Ajliyah al-Misriyyat.

Hatta, Al-Ahamad, 2010, Tafsir Qur’an Perkata dilengkapi dengan Asbabun Nuzul dan Terjemah, Jakarta:Pustaka.

Ibrahim, Sulaiman, 2014,Hermeneutika Teks: Sebuah Wacana dalam Metode Tafsir Al-Qur’an, HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, Vol. 11, No.1, Juni

Komaruddin, Hidayat, 1996, Memahami Bahasa Agama ,Sebuah Kajian Kermeneutik, Jakarta: Paramadina.

Nasution, Komaruddin, 2009, Pengantar Studi Islam, Yogyakarta: Tazzafa.

Ricoiur, 1976, Interpretation Theory, America: The Texas University Press.

Schuon, Frithjof, 1972, Understanding Islam, London: George Allen& Uwin Ltd.

Sukron,Mokhamad, 2016, Kajian Hermeneutika dalam ‘Ulumul Qur’an, Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur'an dan Tafsir, Vol.1, No. 2 Desember

T. Borehgrevink &M. Melthuus, 1989, Tex as reality-reality as tex, Blomington dan Indianapolis: Indiana University Press.

Umberto Eco, 1990, The Limits Of Interpretation, Blomington dan Indianapolis: Indiana University Press.

Zaid, Nasr Abu 1995, al-tafkir fi zamani al-tafkir, al-jahl wa al-zaif wa khuraffat,kairo: Daru sina lia al-nasyr.

Zaid, Nasr Abu, 1992, Iskaliyat al-Qira’at wa ‘Aliyat al-Ta’wil, Baerut: Markaz al-Saqofi al-‘Arabi.

Zaid, Nasr Abu, 1994, al-Nass, al-Sultat, al-Haqiqat: al-Fikr al-Dini bain irodat al-makrifat wa iradat al-haiminat , Baerut; Markaz al-Tsaqofi al-arabi.




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v4i1.165

Article Metrics

Abstract view : 312 times
PDF - 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.