KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) Di SMA NEGERI se-KECAMATAN MRANGGEN

syaiful anam

Abstract


Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naturalistik yang menunjukkan bahwa pelaksanaan penelitian terjadi secara alamiah, apa adanya, dalam situasi normal yang tidak dimanipulasi keadaan dan kondisinya, menekankan pada deskripsi secara alami. Pengambilan data atau penjaringan fenomena dilakukan dari keadaan yang sewajarnya yang dikenal dengan sebutan â€pengambilan secara alami dan naturalâ€. Dengan sifatnya ini maka peneliti dituntut terlibat secara langsung di lapangan dengan melihat bagaimana kompetensi professional dan kompetensi pedagogikgurupendidikan Agama Islam. Dalam hal ini peneliti berusaha memahami dan menggambarkan apa yang dipahami dan digambarkan oleh subjekpenelitian.Berdasar pada temuan data di lapangan, bahwa mayoritas guru Pendidikan Agama di SMA Negeri se-kecamatan Mranggen telah memiliki kompetensi professional dan kompetensi pedagogik. Kemampuan pedagogik; yaitu kemampuan guru menyusun RPP, Silabus, Prota dan Promes, kemampuan improvisasi metode pembelajaran dan kemampuan menilai hasil belajar siswa melalui penilaiaan berbasis kelas. kemampuan profesional; digambarkan dengan kemampuan menguasai bidang studi dilihat dari latar belakang pendidikan guru yang memiliki kualifikasi akademik dan guru mengajar sesuai dengan keahlian dan jurusan yang dimilikinya, kemampuan memahami peserta didik, kemampuan menguasai pembelajaran yang mendidik melalui kemampuan memahami jenis mata pelajaran, mengorganisasikan materi pelajaran serta mendayagunakan sumber belajar.

 

Kata kunci:Kemampuan Kompetensi Profesional,Kemampuan Kompetensi Pedagogik Guru

 

The Researchers used a qualitative method with a naturalistic approach that showed that the implementation of the study occurred naturally, as is, in normal situations that are not manipulated in conditions and conditions, emphasizing the description naturally. Data retrieval or screening of phenomena is carried out from a reasonable state known as "natural and natural retrieval". By this nature, researchers are required to be directly involved in the field by seeing how professional competence and pedagogical competence of Islamic education teachers. In this case the researcher tries to understand and describe what is understood and illustrated by the research subjects.Based on data findings in the field, that the majority of Religious Education teachers in the State High Schools in Mranggen sub-district already have professional and pedagogical competencies. Pedagogic ability; namely the ability of teachers to prepare lesson plans, syllabi, prota and promes, the ability to improvise learning methods and the ability to assess student learning outcomes through classroom-based assessment. professional ability; illustrated by the ability to master the field of study seen from the educational background of teachers who have academic qualifications and teaching teachers in accordance with their expertise and majors, the ability to understand students, the ability to master learning that educates through the ability to understand the types of subjects, organize subject matter and utilize resources learn.


Keywords


Kemampuan Kompetensi Profesional;Kemampuan Kompetensi Pedagogik Guru; Professional Competence Ability; Teacher Pedagogical Competency Ability

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid dan Dian Andayani. 2005. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi.Bandung: Remaja Rosdakarya

Abdul Wahab Khalaf. 1972. Ilmu Ushul Fiqh, Jakarta: Al-Majlis Al-A’la Indonesia Li Al-Dakwah Al-Islamiyah,

Achmadi.2005. Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Ahmad Al-Musthafa Al-Maraghi. 1993.Terjemahan Tafsir Al-Maraghi, Juz IV, Terj. Bahrun Abu Bakar, Semarang: Toha Putra

Ahmad Mudjib Mahali,2003.Kewajiban Timbal Balik Orang Tua dan Anak, Yogyakarta: Mitra Pustaka

Ahmad Tafsir,2000. Ilmu Pendidikan dalam Prespektif Islam,Bandung: Remaja Rosdakarya,

Zafar Alam. 2003.Islamic Education Theory & Practice. New Delh: Adam Publishers & Distributor

Ali Bowo Tjahjono,2006. H DrsHand Out Materi Pendidikan Islam. Semarang: FAI Unissula

Dahlan al-Barri & M. Pius A.1994. Partanto. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya : Arkola

DepagRI.2010. Mushafal-Qur’an dan Terjemah, Bandung: Jabal,

DepartemenAgama RI,1996Al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: Toha Putra

E. Mulyasa. 2008 Sertifikasi Guru, Bandung: Rosdakarya.

Hamzah B. Uno. 2007. Profesi Kependidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

HasanLanggulung,1995.Manusia dan Pendidikan Cet. Ke-3, Jakarta: PT. Al Husna Dzikra

Ismail.2002.Paradigma Pendidikan Islam, Semarang: Pustaka Pelajar

Jamal Ma’mur Asmani. 2011 Tips Sukses PLPG, Yogyakarta: Diva Press

Kusnandar. 2007.Guru Profesional. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada

M. Athiyah Al-Abrasy,1987 Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam,Terj. Bustami A. Gani, Jakarta: Bulan Bintang

Moh. UzerUsman,1994.MenjadiGuruProfesional,Bandung: PT. RemajaRosdakarya

Lexy J Moleong. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muhaimin,2001 Paradigma Pendidikan Islam, Bandung:Remaja Rosdakarya

Muhammad Arifin, 1996. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Muhammad Daud Ali,2004.Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Wali Press.

Muhammad Nurdin,2008. Kiat menjadi Guru Profesional, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Musfah, Jejen. 2015. Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nana Sudjana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido

Nur Uhbiyati. 2013. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Islam. Semarang: PT Pustaka Rizki Putra.

Saliman & Sudarsono.1994.Kamus Pendidikan, Pendidikan dan Umum Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman AM. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dwi Siswoyo. 2013. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2006.Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif R&D, Bandung: Alfabeta.

SuharsimiArikunto. 1996.ProsedurPenelitian,SuatuPendekatanPraktek. Jakarta:Rineka Cipta

Syaiful Sagala. 2009.kemampuan professional guru dan tenaga kependidikan, Bandung:Alfabeta

Triamto,2011.Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan &Tenaga Kependidikan, Jakarta: Kencana,

Trianto dan titik Triwulan,2007. Sertifikasi Guru Dan Upaya Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi dan Kesejahteraan, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher,

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Semarang, CV. Aneka Ilmu.

Undang-Undang SISDIKNAS UU RI No.20 Th. 2003 pasal 8 butir d

Winarno Surahmad. 2004.Dasar dan Teknik Penelitian, Bandung: Tarsito

Zakiah Darajat, 2006, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Zuhairini,1983. Metode Khusus Pendidikan Agama, Malang, Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v4i1.161

Article Metrics

Abstract view : 127 times
PDF - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.