PERAN PROFIL DAN KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA BELAJAR AGAMA ISLAM

Samsudin Samsudin

Abstract


The background of this research is Islamic religious education which is held in the Public High School 1 of Bancak and Senior High School 1 in Tuntang, Semarang Regency, referring to the education profile and professional certificate of a religious teacher, and teacher performance in the teaching and process of learning. Teachers in addition to teach in the classroom must always show their totality in seeking perfection as a figure, so that in themselves students emerge motivation to learn Islam.The method used in this research is field research, namely by conducting direct interviews with teachers, students and principals, and archiving data. This research is aimed at all learning related to Islam, such as the profile of a teacher in the world of education and its role at the time of the community, as well as teacher performance. The profile contents and teacher's performance are expected to become motivators of students learning about PAI.Based on this study ,there are several findings relating to learn of Islamic Education in the State of Senior High School 1 Bancak and Senior High School 1 Tuntang Semarang Regency, such as : 1) the teacher's profile is accordance with the S1 diploma requirements and most of them already to have certificates of expertise as educators. 2) Performance of teachers who are professional in such as making administration of learning, implementation, and filing. 3) The profile and performance of PAI's teacher must to be motivator for their student by learning Islamic religion education and make their students have a good behaviour.

 

Latar belakang yang memunculkan penelitian ini adalah pendidikan agama Islam yang terselanggara di SMK Negeri 1 Bancak dan SMA Negeri 1 Tuntang Kabupaten Semarang mengacu pada profil pendidikan dan sertifikat profesioal seorang guru agama, serta kinerja guru di dalam proses belajar mengajar. Guru selain  mengajar di dalam kelas harus selalu memperlihatkan totalitasnya dalam mengupayakan  kesempurnaan sebagai figur, agar dalam diri siswa  muncul  secara sendiri  motivasi belajar agama Islam.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan), yaitu dengan melakukan wawancara langsung terhadap guru, siswa dan  kepala sekolah, dan  pengarsipan data. Penelitian  ini  ditujukan  pada seluruh  pembelajaran yang berkaitan dengan agama Islam, seperti profil seorang guru di dalam dunia pendidikan dan peranannya pada saat di lingkungan masyarakat, serta  kinerja guru. Muatan profil dan kinerja guru tersebut  diharapkan menjadi  penumbuh  motivasi siswa belajar PAI.Berdasarkan penelitian ini ada beberapa penemuan yang berkaitan dengan pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Bancak  dan SMA Negeri 1 Tuntang Kabupaten Semarang, seperti 1) Profil guru sudah sesuai  persyaratan ijazah S1 dan sebagian  besar sudah mempunyai  sertifikat  keahlian  sebagai seorang pendidik. 2) Kinerja guru yang profesional dalam seperti dalam membuat administrasi pembelajaran, pelaksanaan dan pengarsipan. 3) Profil dan kinerja guru PAI memiliki peranan positif terhadap motivasi siswa dalam mempelajari pendidikan agama Islam dan mengembangkan perilaku yang berkarakter.


Keywords


learning islamic religion, student motivation, teacher profile and performance

Full Text:

PDF

References


Aunillah, Nurla Isna. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana. 2011.

Cahyani, Febri Dwi, “Hubungan antara Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, dan Kompetensi Sosial Guru dengan Motivasi Berprestasi Siswa Akselerasi di SMA Negeri I Gresik, Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, Vol. 3, No. 2 (Agustus 2014): 77-88.

Dewi, Ni Luh Lina Agustini dkk, “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara dan Relevansinya terhadap Pengajaran Pendidikan Karakter Sekolah di Indonesiaâ€, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 2, No. 1 (2014): 1-10

Foord, Duncan. The Developing Teacher: Practical activities for professional development. Delta Publishing, 2002.

Gajdos, Judit Orgoványi. Teachers’ Professional Development on Problem Solving Theory and Practice for Teachers and Teacher Educators. Roterdam: Sense Publishers, 2016.

Idham, Muhammad, “Profil Kecerdasan Emosi Guru Pelatih Bahasa Mengikut Tahun Pengajianâ€, Journal of Language Studies, Vol. 10, No. 01 (2010): 57-75.

Inayah, Ridaul, “Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaean 2011/2012â€, Pendidikan Insan Mandiri, Vol. 1, No. 1 (2013): 1-13.

Jenning, Patricia A, “The Prosocial Classroom: Teacher Social and Emotional Competence in Relation to Student and Classroom Outcomesâ€, Review of Education Research, Vol. 79, No. 1, (Maret 2009): 491-525.

Kunandar. Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru). Jakarta: Rajawali Pers. 2011.

Moloeng, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2005.

Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya. 2010.

Na’im, Ngainun. Islam dan Pluralisme Agama. Yogyakarta: Aura Pustaka. 2014.

Nahar, Novi Irwan, “Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaranâ€, Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, Vol. 1, No. 6 (Desember 2016): 64-74.

Noriah, Ishak, Kepintaran Emosi di Kalangan Pekerja di Malaysia, Prosiding IRPA-RMK-8 Kategori EAR, Jilid 1, (2005): 184-187.

Pultorak, Edward G. The Purposes, Practices, and Professionalism of Teacher Reflectivity Insights for Twenty-First Century Teachers and Students, New York: Partnership With the Association of Teacher Educators. 2010.

Putrayasa, Ida Bagus. Landasan Pembelajaran. Bali: Undiksha Press. 2013.

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Mishbah Volume 10.Ciputat: Lentera Hati. 2011.

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Mishbah Volume 14.Ciputat: Lentera Hati. 2011.

Rangkuti, Annisa Fitri. “Hubungan Persepsi tentang Kompetensi Profesional Guru Matematika dengan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa SMAâ€, Psikologia, Vol. 01, No. 02 (Desember 2005): 76-85.

Robson, Jocelyn. Teacher Professionalism in Further and Higher Education: Challenges to Culture and Practice. London: Routledge. 2006.

Rochimah, Nur Apriliya & Badrus Zaman. 2018. Pendidikan Moral Anak Jalanan. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.

Slavin, R. E. Educational Psychology: Theory and Practice. Massachusetts: Allyn and Bacon. 2000.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta. 2015.

Werdayant, Andaru, “Pengaruh Kompetensi Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas Dan Fasilitas Guru terhadap Motivasi Belajar Siswaâ€,Pendidikan Ekonomi, Vol. 3, No.1 (Februari 2008): 79-92.

Wiyani, Novan Ardy. Inovasi Kurikulum Pembelajaran PAI SMA Berbasis Pendidikan Karakter.Yogyakarta: ar-Ruzz Media, 2016.

Yamin, M. & Maisah. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada. 2010.

Zaman, Badrus. 2018. Pendidikan Akhlak pada Anak Jalanan di Surakarta.Jurnal Inspirasi Vol. 2 No. 2 Undaris Ungaran.

Zaman, Badrus. 2019. Urgensi Pendidikan Karakter yang sesuai dengan Falsafah Bangsa Indonesia.Jurnal Al Ghazali Vol. 2 No. 1 STAINU Purworejo.




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v3i2.137

Article Metrics

Abstract view : 152 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.