KREATIVITAS GURU DALAM MEMANFAATKAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI DI SD SEKECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG

Ahmad Zabidi

Abstract


Learning problems can be minimized by the use of digital technology. The rapid innovation in technology and information minimize the barriers that come from some instruments which are difficult to access. Laptops and the internet are the solutions for teachers to develop their creativity for the learning methods and materials.This study are aimed to determine the creativity of teachers in using the internet and laptops as learning media for PAI Subject in SD Negeri Bawen Subdistrict, Semarang Regency in the 2018/2019 academic year. The method used was field research with a qualitative approach. Researchers went into the field to make observations, interviews and document activities related to the research title. The results showed that there were (1) the increasing of the creativity of PAI teachers in Bawen District Elementary School which is caused by using learning media as the effective learning methods, (2) archiving learning instruments are more organized, and (3) the need of several supporting factors, such as: technical training(bimtek) for PAI teachers, representative class and varied methods. In addition, there are also inhibiting factors in developing teacher creativity, namely: there is no internet in school and the limitations of the projector to support the PAI learning.

 

Problematika dalam pendidikan, dengan semakin canggihnyadunia digital semakin bisa diminimalisasi. Pesatnya inovasi dalam teknologi dan informasi, mengikis sekat  pengetahuan yang pernah menjadi instrumen sulit untuk diakses. Laptop dan internet menjadi salah satu solusi bagi guru untuk mengembangkan kreativitasnya dalam mengembangkan metode dan materi pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru dalam memanfaatkan internet dan laptop sebagai media pembelajaran PAI di SD Negeri Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang pada tahun  pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah field research, dalam penelitian ini, peneliti langsung terjun ke lapangan untuk melakukan observasi, wawancara dan mendokumentasikan kegiatan yang berkaitan dengan judul penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada (1) peningkatan kreativitas guru PAI di SD Negeri Kecamatan Bawen dalam menggunakan media pembelajaran sebagai sarana metode penyampaian materi yang efektif, seperti dengan powerpoint, audio dan juga video pembelajaran, (2) pengarsipan instrumen pembelajaran semakin tertata rapi, seperti silabus, RPP, dan metode pembelajaran. (3) Adanya beberapa faktor pendukung, seperti: bimtek PAI, kelas representatif dan metode yang variatif. Selain itu juga ada faktor penghambat dalam mengembangkan kreativitas guru yaitu: tidak ada internet di sekolah, keterbatasan proyektor untuk mengembangkan pembelajaran PAI.


Keywords


PAI Teacher Cretativity, Laptops and Internet, Learning Media

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. Chaedar. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan. 2009.

Brady,Kevin P, “The Use of Alternative Social Networking Sites in Higher Educational Settings: A Case Study of the E-Learning Benefits of Ning in Educationâ€, Journal of Interactive Online Learning,Volume 09. Nomor 02, (Summer 2010): 151-170.

Buto, Zulfikar Ali, “Implikasi Teori Pembelajaran Jerome Bruner dalam Nuansa Pendidikan Modernâ€, Millah, Edisi khusus (Desember 2010): 61-79.

Djaali. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara. 2007.

Fauziah, Yuli Nurul, “Analisis Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Kelas V Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alamâ€, Edisi Khusus, Nomor 2 (Agustus 2011): 102-120.

Filsaime, D. K. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka. 2008.

Fitriyadi, Herry, “Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesionalâ€, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 21, Nomor 03 (Mei 2013): 263-281.

Gobbo, Camilla, “Teachers' Beliefs and Integration of Information and Communications Technology In Italian Schoolsâ€,Information Technology for Teacher Education, Volume 10, Nomor 01 (Februari 2001): 62-78.

Husain, Chaidar, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakanâ€, Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Volume 2, Nomor 2 (Juli 2014): 183-198.

Kayode, Felix, “Information And Communication Technologies in Teacher Training And Professional Development In Nigeriaâ€,Journal of Distance Education, Volume 08, Nomor 01 (Januari 2007): 133-151.

Madiolo,Gabriel Diaz. Teacher Centered Professional Development. Alexandria:the Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD). 2004.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2005.

Mulyasa. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosda Karya. 2005.

Murfi’ah, Uum. Pembelajaran Terpadu: Teori dan Praktik Terbaik Di Sekolah. Bandung: Refika Aditama. 2017.

Nu'man, Ahmad Zanin. “Efektivitas Penerapan E-Learning Model Edmodo dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo)â€, Duta, Volume 7, Nomor 1 (September 2014): 1-19.

Oktavia, Yanti, “Usaha Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasarâ€, Jurnal Administrasi Pendidikan, Volume 2, Nomor 1 (Juni 2014): 815 †831.

Perdamean, Toto. Profesionalitas Guru Perlu Daya Kreativitas. Bandung: Alfabeta, 2009.

Priyanto, Dwi, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputerâ€, Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, Volume 14, Nomor 1 (Januari 2009): 1-20.

Rianie, Nurjannah, “Pendekatan dan Metode Pendidikan Islam (Sebuah Perbandingan dalam Konsep Teori Pendidikan Islam dan Baratâ€, Management of Education, Volume 1, No 2 (2015): 102-121.

Robson, Jocelyn. Teacher Professionalism in Further and Higher Education. Abingdon: Routledge. 2006.

Rochimah, Nur Apriliya & Badrus Zaman. 2018. Pendidikan Moral Anak Jalanan. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.

Suharso. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya. 2008.

Sumintono, Bambang, “Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pengajaran: Survei Pada Guru-Guru Sains SMP di Indonesiaâ€, Pengajaran MIPA. Volume 17, Nomor 1 (April 2012): 108-124.

Zaini, Hisyam Dkk. Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta : CTSD IAIN Sunan Kali Jaga. 2002.

Zainiyati, Husniyatus Salamah. Pengembangan media pembelajaran berbasis ITC. Jakarta: Kencana. 2017.

Zaman, Badrus. 2018. Pendidikan Akhlak pada Anak Jalanan di Surakarta.Jurnal Inspirasi Vol. 2 No. 2 Undaris Ungaran.

Zaman, Badrus. 2019. Urgensi Pendidikan Karakter yang sesuai dengan Falsafah Bangsa Indonesia.Jurnal Al Ghazali Vol. 2 No. 1 STAINU Purworejo.

Zhang,Dongsong, “Interactive Multimedia-Based E-Learning: A Study of Effectivenessâ€. The American Journal of Distance Education, Volume 19, Nomor 3 (2005): 149-162.




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v3i2.134

Article Metrics

Abstract view : 3590 times
PDF - 709 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.