ANALISIS EFISIENSI FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI USAHATANI TEMBAKAU RAKYAT KABUPATEN TEMANGGUNG

Mubaroq Dwi Rhama, Nenik Woyanti

Abstract


Di Kabupaten Temanggung, tanaman tembakau merupakan salah satu ciri khas petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta tingkat efisiensi dari faktor-faktor produksi usahatani tembakau rakyat, seperti jumlah bibit, jumlah pupuk kandang, jumlah pupuk urea, jumlah pestisida, dan jumlah tenaga kerja yang digunakan dalam produksi usahatani tembakau rakyat di Kabupaten Temanggung. Pengumpulan data primer dan memperoleh jumlah responden sebanyak 100 orang petani yang dilakukan dengan Teknik wawancara dan kuisioner. Metode yang digunakan dalam menjelaskan penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda, sedangkan metode yang digunakan untuk menjelaskan efisiensi faktor-faktor produksi usahatani tembakau rakyat menggunakan fungsi produksi frontier stcochastic dengan bentuk fungsi produksinya adalah fungsi produksi Cobb-Douglass. Faktor-faktor produksi usahatani tembakau di Kabupaten Temangung dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bibit, pupuk kendang, pupuk urea, dan pestisida berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil produksi tembakau rakyat di Kabupaten Temanggung. Variabel tenaga kerja berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap hasil produksi tembakau rakyat. Faktor-faktor produksi usahatani tembakau rakyat di Kabupaten Temanggung belum mencapai tingkat efisiensi baik dalam efisiensi teknis, efisiensi harga, maupun efisiensi ekonomis. Penyuluh pertanian diharapkan intensitas kegiatan penyuluhan pertanian harus ditingkatkan supaya petani semakin terampil dalam melakukan budidaya tembakaunya.

Full Text:

PDF

References


Fauziyah, Elys. 2010. “Analisis Efisiensi Teknis Usahatani Tembakau ( Suatu Kajian Dengan Menggunakan Fungsi Produksi Frontier Stokhastik ).†EMBRYO 7: 1–7.

Ghozali, Imam, and Dwi Ratmono. 2017. Analisis Multivariat Dan Ekonometrika Dengan Eviews 10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, Damodar. 1997. Ekonometrika Dasar. Jakarta: Erlangga.

———. 2003. Ekonometri Dasar. ed. Sumarno Zain. Jakarta: Erlangga.

Hardanis, Adistia Nurul Huda, and Dwisetia Poerwono. 2013. “Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor Faktor Produksi Usahatani Tembakau Rakyat Kabupaten Temanggung.†Diponegoro Journal of Economics 3: 1–32.

Iswardono. 2004. Ekonomi Mikro. ed. UPP AMP. Yogyakarta: YKPN.

Miller, Roger, and Roger Meiners. 2000. Teori Mikro Ekonomi Intermediate. Jawa Barat: PT. Raja Grafindo Persada.

Nicholson, W. 2002. Microeconomi Intermediate Dan Aplikasinya. Kede. Yogyakarta: Erlangga.

Pindyck, Robert S., and Daniel L. Rubinfeld. 2012. Mikroekonomi. 8th ed. Jakarta: Erlangga.

Pramudya, Agatya Candra. 2017. “Analisis Efisiensi Faktor Produksi Usahatani Tembakau Rakyat Kabupaten Temanggung.†: 1–20.

Rahim, and Riah Retno Dwi Hastuti. 2007. “Ekonomika Pertanian, Pengantar Teori Dan Kasus : Penebar Swadaya.â€

Sadono, Sukirno. 2002. Pengantar Teori Ekonomi Mikro. ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Soekartawi. 2003. Teori Ekonomi Produksi Dengan Pokok Bahasan Cobb-Douglas. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.61689/bisecer.v6i2.432

Article Metrics

Abstract view : 59 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.