PERANCANGAN SASARAN STRATEGIS UNTUK KINERJA DISTRIBUSI BERAS MENGGUNAKAN PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD DAN AHP

Agni Nur Falah, Melia Eka Lestiani

Abstract


Distribusi merupakan suatu kegiatan logistik outbound, dimana kegiatan ini menjadi salah satu hal penting pada perusahaan yang memproduksi barang, hal ini berkaitan dengan proses penyaluran dan penjualan barang untuk tetap menjaga kualitas tersebut dibutuhkan sasaran strategis distribusi yang tepat, maka penelitian ini difokuskan untuk merancang sasaran strategis sebagai dasar pengendalian kualitas pelayanandistribusi beras yang belum dimiliki oleh PT. X pada penelitian ini teori yang digunakan berkaitan dengan distribusi, penilaian kinerja, analisis kriteria menggunakan balanced scorecard dan delphi, lalu pembobotan menggunakan analytical hierarcy process. Didapatkan 10 sasaran strategis dengan 16 alternatif yang akan menjadi poin kinerja pelayanan distribusi pada PT. X dimana diketahui bahwa tingkat keluhan yang diterima menjadi ukuran kinerja tertinggi yang harus diperhatikan dengan bobot sebesar 0,066. Sementara untuk ukuran kinerja terendah didapatkan oleh transaksi yang tidak dapat dipenuhi dengan bobot sebesar 0,059.maka disimpulkan bahwa dasar pengendalian kualitas pelayanan distribusi pada PT. X yang dirancang menggunakan perspektif balanced scorecard menghasilkan 16 ukuran kinerja dari 10 tujuan strategis berdasarkan 4 perspektif utama yang melalui berbagai tahap, mulai dari pengidentifikasian tujuan strategis dan ukuran kinerja melalui studi literatur dan wawancara, memeriksa tingkat keperluan ukuran tersebut dengan metode delphi, Lalu dilanjutkan dengan pembobotan pada ukuran untuk menentukan prioritas dari masing masing ukuran kinerja sehingga didapatkan hasil akhir sasaran strategis dengan bobotnya.


Full Text:

PDF

References


Assauri, S. (2004). MANAJEMEN PEMASARAN: Dasar, Konsep & Startegi. Rajawali Pers.

Gabcanova, I. (2012). Human Resources Key Performance Indicators. Journal of Competitiveness, 4(1), 117–128. https://doi.org/10.7441/joc.2012.01.09

Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (1996). The balanced scorecard: Translating strategy into action. Harvard Business School Press.

Kismono, G. (2001). Bisnis penganatar. BPFE.

Mulyadi. (2001). Balanced Scorecard: Alat Manajemen Kontemporer Untuk Pelipatgandaan Kinerja Keuangan Perusahaan. Salemba Empat.

Parmenter, D. (2010). Key Performance Indicators Developing Implementing And Using Winning KPIs. John Wiley and Sons.Ltd.

Saaty, T.L. (1993). PENGAMBILAN KEPUTUSAN. Pustaka Binaman Pressindo.

Taff, C. A. (1988). Manajemen Transportasi dan Distribusi Fisis Jilid 1. Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.61689/bisecer.v6i1.400

Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.