Ketimpangan Pendapatan Dan Determinan Pertumbuhan Ekonomi Di Kawasan Subosukowonosraten Tahun 2016-2020

Ichsan Adytya, Nenik Woyanti

Abstract


Terdapat perbedaan PDRB antar kabupaten/kota di Kawasan Subosukowonosraten yang cukup besar. Ketimpangan pendapatan yang terjadi secara langsung dan tidak langsung memiliki keterkaitan dengan pertumbuhan ekonomi di Kawasan Subosukowonosraten. Adanya perbedaan pendapatan, akumulasi modal, dan sumber daya manusia dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Kawasan Subosukowonosraten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketimpangan pendapatan di Kawasan Subosukowonosraten dan menganalisis pengaruh investasi asing, kemiskinan, pendidikan serta pengeluaran pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi di Kawasan Subosukowonosraten pada periode 2016-2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Indeks Williamson dan analisis regresi data panel Fixed Effect Model (FEM). Hasil analisis Indeks Williamson menunjukkan bahwa tingkat ketimpangan pendapatan di wilayah Subosukowonosraten termasuk dalam kategori ketimpangan sedang. Hasil analisis regresi data panel menunjukkan bahwa variabel kemiskinan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan variabel pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Sedangkan variabel investasi asing tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi dan pengeluaran pemerintah tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, L. (2002). Pengantar Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi Daerah. Yogyakarta: BPFEE.

Dwiningwarni, S. S. (2011). Pengaruh Investasi, Tenaga Kerja Dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Propinsi Jawa Timur. Ekuitas: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 15(4).

Fitria, B. (2020). Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah, Kemiskinan, dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Pulau Madura. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(1).

Gujarati, D. N., & Porter, C. D. (2013). Dasar-Dasar Ekonometrika. Jakarta: Salemba Empat.

Hapsari, P. H., & D. D. Iskandar. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Jawa Tengah Periode 2010-2014. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan, 18 (1).

Haq, N. & Yuliadi, I. (2018). Analisis Pengaruh Investasi, Angkatan Kerja, dan Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Pulau Kalimantan. Journal of Economics Research and Social Sciences, 2(2), 102–111.

Jhingan, M. (2000). Ekonomi Pembangunan & Perencanaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kambono, H., & Marpaung, E. I. (2020). Pengaruh investasi asing dan investasi dalam negeri terhadap perekonomian Indonesia. Jurnal Akuntansi, 12(1), 137-145.

Kuncoro, M. (2003). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, M. (2006). Ekonomi Pembangunan. Jakarta: Salemba Empat.

Mangkoesoebroto, G. (2011). Ekonomi Publik. Yogyakarta: BPFE.

Padang, L., & Murtala, M. (2020). Pengaruh Jumlah Penduduk Miskin Dan Tingkat Pengangguran Terbuka Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Jurnal Ekonomika Indonesia, 9(1), 9-16.

Pambudi, E. W., & Miyasto, M. (2013). Analisis Pertumbuhan Ekonomi dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi (Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah). Diponegoro Journal of Economics Development, 2(2), 51-61.

Patriamurti, R., & Septiani, Y. (2020). Analisis Pengaruh PMA, Pmdn, Dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Jawa Tengah. JURNAL EKOMBIS, 6(2).

SBM, Nugroho. (2014). Pengaruh Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Media Ekonomi dan Manajemen, 29(2).

Simatupang, P. (2003). Produksi Domestik Bruto, Harga dan Kemiskinan: Hipotesis “Trickle Down†Dikaji Ulang‟, Ekonomi dan Keuangan Indonesia, 51(3), 291– 324.

Simanjuntak, P. J. (2001). Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: FE UI.

Sjafrizal. (2012). Ekonomi Wilayah dan Perkotaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sodik, J. (2007). Pengeluaran Pemerintah dan Pertumbuhan Ekonomi Regional: Studi Kasus Data Panel di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12(1).

Sukirno, S. (2000). Makroekonomi Modern: Perkembangan Pemikiran Dari Klasik Hingga Keynesian Baru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukirno, S. (2004). Makroekonomi Teori Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukirno, S. (2008). Makroekonomi Modern, Perkembangan Pemikiran dari Klasik Hingga Keynesian Baru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sunariyah. (2014). Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Todaro, M. (2006). Pembangunan Ekonomi di Dunia ketiga. Jakarta: Erlangga.

Zahari, M. MS. (2017). Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Jambi. EKONOMIS : Journal of Economics and Business, 1(1), 180.




DOI: https://doi.org/10.61689/bisecer.v6i2.399

Article Metrics

Abstract view : 34 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.