STRATEGI MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN WARUNG MAKAN SATE CEMPE PAK DAR BLOTONGAN SALATIGA
Abstract
Sate kambing sebagai salah satu makanan khas jawa menjadi buruan para lelaki paruh baya yang percaya dapat menambah stamina pria, banyak pengunjung yang menikmati sate Cempe Pak Dar, Blotongan Salatiga pada saat pandemi ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif, metode pengumpulan data dan depth Interview serta swot analisis juga dengan observasi baik langsung atau tidak langsung pada beberapa nara sumber yang diseleksi. Hasil penelitian yang diolah dengan Analisis SWOT berdasarkan teknik EFAS dan IFAS, dengan perhitungan AFE dan IFE untuk analisis faktor eksternal dan fakor internal didapatkan bahwa konsumen puas akan pelayanan warung saste cempe Pak Dar. Posisi warung sate cempe Pak Dar Desa Blotongan Salatiga jika dilihat dengan diagram kortesius SWOT terdapat pada kwadran I, yang berarti kuat dan berpeluang. Rekomendasi dari analisisi ini strategi progresif. Untuk menambah omzet pendapatan bisa dengan menambah varians atau jenis menu serta pengembangan dengan membuka cabang.
Full Text:
PDFReferences
Adiyastiti, B. E. T., & Hendraningsih, L. 2017. “Penentuan Kualitas Kimia Sate Daging Domba Dengan Jenis Bahan Bakar Dan Lama Pembakaran Yang Berbeda.†Research Report (246):668–73.
Anon. 2009. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 10.TAHUN 2009 TENTANG KEPARIWISATAAN.
Bandura, A. 2001. “Social Cognitive Theory: An Agentic Perspective.†Annual Review of Psychology 52:1–26.
Ermayanti. 2003. Ensiklopedi Makanan Tradisional Di Pulau Jawa Dan Pulau Madura. jakarta: Deputi bidang pelestarian dan Pengembangan Kebudayaan.
Fadhli, Aulia. 2017. Manajemen Stewarding Pariwisata Dan Perhotelan. Yogyakarta: Gaya Media.
Indonesia, Kementrian Negara Koperasi dan Usaha Kecildan Menengah Republik. 2007. “Diklat Koperasi Bagi Guru.†jakarta.
Malhotra, Yogesh & Galetta, Dennis F. 1999. “Extending The Technology Acceptance Model To Account for Social Influence: Theoretical Bases and Empirical Validation.†in Proceedings pf the 32nd Hawaii Internasional Conference on System Sciences.
Pariwisata, Kementrian. 2016. “Seminar Internasional Tentang Perkembangan Dunia Pariwisata Dan Wisata Kuliner Yang Halal.†Bandung: ITB.
Perdagangan, Kementrian. 2008. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025.
Rochmawati, Opi, and Ibnu Widiyanto. 2013. “Analisis Pengaruh Keunggulan Produk, Efek Komunitas,Terhadap Sikap Merek Dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Warung Sate Sapi Pak Kempleng 1 Di Kota Semarang).†Journal of Management 2(2):1–9.
Saeroji, Amad, and Deria Adi Wijaya. 2017. “Pemetaan Wisata Kuliner Khas Kota Surakarta.†Jurnal Pariwisata Terapan 1(2):13. doi: 10.22146/jpt.24968.
Saifudin, Azwar. 2013. Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Salatiga, Sekretariat Pemda Kota. 1996. Peraturan Daerah Nomor : 5 Tahun 1996 TentangTri Fungsi Kota Salatiga.
Samtono, Samtono. 2019. “Strategi Pengelolaan Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Wisata Kuliner Pada Warung Sate Kambing Muda ‘Masyhudi’ Di Desa Blotongan Salatiga.†Among Makarti 12(1):41–57. doi: 10.52353/ama.v12i1.175.
Suryana. 2014. Kewirausahaan, Kiat Dan Proses Menuju Sukses. Bandung: Salemba Empat.
DOI: https://doi.org/10.61689/bisecer.v5i2.352
Article Metrics
Abstract view : 107 timesPDF - 25 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.