UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG “FPB DAN KPK” DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED (OE) DI KELAS IV SDN GEMAWANG KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Rahmat Waluyo

Abstract


Pada siswa kelas IV Semester I, setelah kegiatan pembelajaran Matematika dengan kompetensi dasar “FPB dan KPK”, ternyata guru mengalami beberapa masalah yang berkaitan dengan keberhasilan siswa dalam mempraktekkan materi ini. Hal ini terlihat pada hasil tes perbuatan, semua belum mencapai target ketuntasan. Dari 8 siswa baru ada 3 siswa (37,5%) yang mencapai target ketuntasan belajar dengan nilai 65. Siswa masih lemah dalam “FPB dan KPK”. Kondisi seperti ini memerlukan perhatian dari guru untuk melakukan perbaikan pembelajaran. Pemecahan masalah yang dilakukan guru yaitu dengan melakukan Pendekatan pembelajaran Open Ended (OE)  dengan membentuk kelompok besar dan kelompok kecil agar latihan siswa lebih intensif. Dengan Pendekatan pembelajaran Open Ended (OE), siswa saling membantu temannya yang lemah dalam “FPB dan KPK”. Dalam penelitian ini, pelatihan ditekankan pada peningkatan kemampuan “FPB dan KPK”.

Penelitian ini menggunakan jenis PTK (penelitian tindakan kelas), dilaksanakan di SD Negeri Gemawang Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang pada bulan Agustus – Oktober 2019. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah: siswa kelas IV yang berjumlah 8 siswa.

Hasil penelitian : (1) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika tentang “FPB dan KPK”  pada kelas IV SD Negeri Gemawang Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang melalui pendekatan pembelajaran Open Ended (OE) meningkat: (a) Pada Kondisi awal yang rata-rata 58,13; (b) Pada Siklus I rata-rata 65,61; (c) Pada Siklus II hasil belajar  rata-rata 70; (2) Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dalam pembelajaran Matematika tentang “FPB dan KPK”  pada kelas IV SD Negeri Gemawang Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang melalui pendekatan pembelajaran Open Ended (OE), yaitu  : (a) Pada Kondisi awal yang mencapai dengan ketuntasan belajar ada 3 siswa (37,5%); (b) Pada Siklus I yang mencapai dengan ketuntasan belajar ada 4 siswa (50,0%); (c) Pada Siklus II yang mencapai dengan ketuntasan belajar ada 7 siswa (87,5%).

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. (2007). Penelitian Tindakan Sekolah. Bandung: Yrama Widiya.

Afgani, Jarnawi. (2014). Pendekatan Open-ended dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: tidak diterbitkan.

Anni, Catharina Tri. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: UNNES.

Aqib, Zainal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widiya.

Arikunto, Suharsimi. (2007). Prossedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Depdiknas. (2005). Materi Sosialisasi dan Pelatihan Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta.

Hamalik, Oemar. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Alumni.

Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Senang Belajar Matematika Kelas 4. Jakarta: Kemendikbud.

Moleong, Lexy J. (2011). Prosedur Penelitian Kualitatif. Bandung:PT Remaja Rosda Karya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rifa,i, Achmad & Anni, Catharina Tri. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugandi, Ahmad. (2004). Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES.

Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIFA UPI.

Surya, E., Sari, N. (2017). Analysis Effectiveness of using Problem Posing Model in Mathematical Learning. Basic and Applied Research (IJSBAR), Vol. 33, No 3, pp 13-21.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tim MKPBM. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika. Bandung: FPMIPA UPI.

Tri Dayat [et al]. (2009). Matematika 3: Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah kelas 3 editor, Roekhan, Abdul Rani. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Zahrotusshobah, L. (2010). Penerapan Pendekatan open-ended untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam memecahkan masalah tentang luas dan keliling persegipanjang (Skripsi). Sekolah Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Daerah Sumedang.


Article Metrics

Abstract view : 63 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.