UPAYA MENINGKATAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN PADA CLASSROOM READING PROGRAM MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BAGI GURU SD NEGERI MENDONGAN KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Abdul Hamid

Abstract


Berkaitan dengan pemanfaatan referensi perpustakaan sekolah oleh guru dalam pembelajaran, kondisi objektif di SD Negeri Mendongan Kec. Sumowono Kabupaten Semarang saat ini belum optimalnya pemanfaatan perpustakaan, sehingga ada beberapa fenomena: (1) Buku perpustakaan jarang dibaca para siswa, (2) Terdapat anak-anak yang kurang aktif dalam mencari informasi dari referensi perpustakaan, (3) Kurangya siswa SD Negeri Mendongan yang memanfaatkan referensi perpustakaan sekolah, (4) Dalam proses pembelajaran sehari-hari tampak pemanfaatan referensi perpustakaan siswa menunjukkan intensitas yang tidak sama, (5) Pemanfaatan referensi perpustakaan oleh siswa tampak biasa-biasa saja, kecuali tugas dari guru.

Dari beberapa masalah yang diidentifikasikan, dalam penelitian ini dilakukan supervisi akademik pada classroom reading program dan pemanfaatan referensi perpustakaan oleh siswa. Subyek penelitian ini adalah guru SD Negeri Mendongan Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang berjumlah 6 orang.

Hasil penelitian sebagai berikut: Sebelum supervisi akademik pada classroom reading program kualitas guru dalam pemanfaatan referensi perpustakaan sebagai sumber pembelajaran di SD Negeri Mendongan, Kec. Sumowono, Kabupaten Semarang rata-rata 64,58% dan skor guru yang mencapai ≥ 75 ada 2 orang (33,33%). Setelaah supervisi akademik pada classroom reading program siklus I, kualitas guru dalam pemanfaatan referensi perpustakaan sebagai sumber pembelajaran di SD Negeri Mendongan, Sumowono, Kabupaten Semarang, rata-rata 73,60% dan skor guru yang mencapai ≥ 75 ada 3 orang (50,00%). Peningkatan rata-rata skor 9,0 dan peningkatan kualitas pemanfaatan referensi perpustakaan 16,7%. Setelaah supervisi akademik pada classroom reading program siklus II, kualitas guru dalam pemanfaatan referensi perpustakaan sebagai sumber pembelajaran di SD Negeri Mendongan, Kec. Sumowono, Kabupaten Semarang, rata-rata 78,50% dan skor guru yang mencapai ≥ 75 ada 5 orang (83,33%). Peningkatan rata-rata 4,9 dan peningkatan IPK guru 33,3%.

Dapat disimpulkan, supervisi akademik pada classroom reading program dapat meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh guru dalam meningkatkan  budaya baca siswa dalam pembelajaran pada classroom reading program di SD Negeri Mendongan Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. (2007). Penelitian Tindakan Sekolah. Bandung: Yrama Widiya.

Hartono. (2004). Kajian Pemakai Informasi dan Manfaatnya bagi Pustakawan dan Perpustakaan di Indonesia. Media Pustakawan, Vol 11, No. 1, Maret 2004.

Lasa, HS. (2004). Peran Perpustakaan Sekolah dan Menunjang Kurikulum Berbasis Kompetensi. Media Pustakawan, Vol 11, No. 2, Juni 2004.

Maung. (2016). Manfaat Perpustakaan Sekolah. https://maunglib.wordpress.com/

Perpustakaan Nasional RI. (2003). Pedoman Perlengkapan Perpustakaan Umum. Jakarta: Proyek Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Nasional.

Purwanto, M. Ngalim. (2004). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

--------------, (2002). Standar Perpustakaan Umum Kabupaten/Kota, Jakarta : Proyek Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Nasional.

Salimudin, Zuhdi. (2013). Supervisi Akademik. https://salimudinzuhdi.wordpress.com/2013/12/28/supervisi-akademik/ (diakses tgl 15 Desember 2019)

Soemarno dan Rozali Said. (2010). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Umum. Jakarta: Depdikbud.

Supriyanto. (2004). Pengembangan Kelembagaan Perpustakaan. Media Pustakawan, Vol 11, No. 2, Juni 2004.

Undang-undang RI Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Wahyu, Danang. (2012). Tujuan dan Manfaat Perpustakaan. http://danangwb.blogspot.com/


Article Metrics

Abstract view : 37 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.