PERAN GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENGEMBANGAN NILAI MORAL PANCASILA SISWA SMK PGRI III SALATIGA

Praptiningsih Praptiningsih

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peranan guru mata pelajaran PKn dalam pengembangan nilai moral pancasila dan apakah yang menjadi hambatan guru mata pelajaran PKn dalam pengembangan nilai moral pancasila siswa SMK PGRI III Salatiga.

Jenis penelitian ini digunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara terhadap guru PKn, Guru Agama, dan Kepala Sekolah, dengan satuan analisisnya guru, dengan teknik analisis secara kualitatif deskriptif yaitu suatu usaha untuk mengumpulkan dan menyusun data, dengan analisis dan interprestasi/penafsiran terhadap data-data.

Hasil penelitian: 1) peranan guru dalam pengembangan nilai-nilai PKn antara lain: (a) menumbuhkan keyakinan adanya Tuhan Yang Maha Esa dengan menunjukkan kebesaran ciptaan tuhan. (b) memberi tauladan yang baik dalam keseharian, mengingatkan langsung kepada anak yang baik dan kurang baik dalam kehiduapan sehari-hari. (c) memberi tauladan agar selalu kerjasama dan rukun, membiasakan untuk kerjasama dalam bekerja dan belajar, menasehati tentang pentingnya hidup rukun dan bersatu. (d) memberi contoh dengan kepemimpinan yang baik, selalu mementingkan musyawarah, bersikap adil terhadap semua orang. (e) memberi tauladan pentingnya berlaku adil, senantiasa menasehati kepada siswa agar senantiasa bersikap saling menjaga amanah dan selalu bertanggung jawab, memberi penjelasan tentang wawasan nusantara, membiasakan anak untuk saling tolong menolong sesuai kemampuan untuk bersikap adil antar sesama. 2) hambatan guru mata pelajaran PKn, yaitu masih ada siswa yang minat belajar kurang sehingga di rumah malas untuk mempelajari lagi, anak setelah pulang sekolah sulit untuk di pantau, orang tua kurang memperhatikan anaknya karena kesibukannya

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. (1993). Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrori, Muhammad. (2007). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV.Wacana Prima.

Burgin, B. (2002). Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Konsep, Strategi dan , Aphkasi. Jakarta: Grasindo.

Daradjat, Zakiah. (1992). Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang.

Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta: AV. Publiser.

Mohamad Arifi & Barnawi. (2012). Kinerja Guru Profesional. Jakarta: Ar-Razz Media.

Poerwanto, WJS. (1985). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN. Balai Pustaka.

Rachmawati, Tutik. (2013). Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava Media.

Salama. (1997). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Jakarta: Erlangga. Sardinian. (1990). Interaksi dun Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dam R&D. Bandung: Alfabeta


Article Metrics

Abstract view : 47 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.