PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PKN SISWA KELAS XI DI SMK MIFTAHUL ULUM SUSUKAN

Mansyur Hidayat

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMK Miftahul Ulum Susukan,  yaitu ada sebagian siswa yang terlambat datang masuk jam pelajaran, tidak memakai seragam kaos olahraga pada saat jam pelajaran olahraga, tidak memakai sabuk, memiliki rambut panjang, tidak memperhatikan pada saat pembelajaran, pada saat moving class siswa tidak segera menghapus papan tulis, dan berbagai permasalahan karakter lainnya. Hal ini membuat penulis ingin mengetahui kegiatan penanaman karakter melalui pembelajaran PKn yang di laksanakan di SMK Miftahul Ulum Susukan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Lokasi penelitian berada di SMK Miftahul Ulum Susukan. Kemudian waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 8 September 2019 s.d. 8 Oktober 2019, peneliti berperan mengumpulkan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Satuan analisis penelitian ini adalah peran guru PKn dalam menanamkan karakter melalui pembelajaran PKn terhadap siswa kelas XI di SMK Miftahul Ulum Susukan. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru PKn kelas XI dan 8 siswa SMK Miftahul Ulum Susukan, sedangkan pengecekan data menggunakan teknik triangulasi yakni menggabung berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Tahap-tahap penelitian meliputi persiapan, mencari data, analisis data, tahap penyusunan laporan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa guru PKn berperan sebagai inspirator, informator, organisator, fasilitator, motivator, pembimbing, pengelola kelas, mediator dalam Menanamkan Karakter melalui Pembelajaran PKn terhadap siswa Kelas XI di SMK Miftahul Ulum Susukan

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi.

Dianti, Puspa. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa. Volume 23, No. 1: JPIS, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Lampiran Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sahlan, Asmaun dan Prastyu, Angga Teguh. (2012). Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Samsuri. (2011). Pendidikan Karakter Warga Negara. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia.

Thoifuri. (2007). Menjadi Guru Inisiator. Semarang: RASAIL.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, Agus. (2013). Pendidikan Berbasis Internalisasi Nilai-nilai Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wibowo, Agus., Hamrin. (2012). Menjadi Guru Berkarakter. Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.