STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN IMAM AL-GHOZALI DAN K.H. HASYIM ASY’ARI TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER

Imam Anas Hadi Muhammad Samsudin

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh keresahan pribadi penulis mengenai rendahnya kualitas karakter lulusan lembaga pendidikan terlebih di era globalisasi dan yang serba modern ini. Berbagai peroblematika yang berkaitan dengan karakter peserta didik semakin melonjak sehingga menyebabkan degradasi moral. Oleh karena itu, diperlukan adanya barbagai macam alternatif untuk mendukung upaya perbaikan karakter peserta didik. Penulis menganggap kiranya perlu kembali mempelajari mengenai berbagai pemikiran tokoh pendidikan islam di masa lalu perihal pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui pemikiran pendidikan karakter menurut pemikiran Imam Al-Ghozali? 2) untuk mengetahui pemikiran pendidikan karakter menurut pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari? 3) Untuk menetahui studi komparasi antara pemikiran Imam Al-Ghozali dengan K.H. Hasyim Asy’ari tentang pendidikan karakter?

Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, dan untuk teknik analisis data menggunakan metode content analysis dan komparasi.

Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh hasil bahwa aspek yang menjadi persamaan dari nilai pendidikan karakter antara K.H. Hasyim Asy’ari Dan Imam Al-Ghozali terletak pada nilai religius,  toleransi, disiplin, dan kerja keras. Terdapat beberapa perbedaan dari nilai-nilai pendidikan karakter perspektif K.H. Hasyim Asy’ari Dan Imam Al-Ghozali tetapi justru saling melengkapi. Di antaranya yaitu adalah sabar, qana’ah dan  tawadhu’  atau rendah hati.

 

This research is motivated by the author's personal anxiety a bout the low quality of the character of graduates from educational institutions, especially in this era of globalization and modern new. Various problems related to the character of students are increasing, causing moral degradation.There fore it is necessary to have various kinds of alternatives to support efforts to improve the character of students. The author considers it necessary to re-learn about various thoughts of Islamic education figures in the past regarding character education. The purpose of this study 1) To find out the thoughts of character education according to Imam Al-Ghozali's thoughts? 2) To find out the thoughts of character education according to the thoughts of K.H. Hasyim Asy'ari? 3) To find out a comparative study between the thoughts of Imam Al-Ghozali and K.H. Hasyim Asy'ari about character education?

The research used is a qualitative research with the type of library research (library research). Mean while, the data collection technique used is the do cumentation method, and the data analysis technique uses the content analysis and comparison methods.

Based on this research, it was found that the aspect that became the equation of the value of character education between K.H. Hasyim Asy'ari and Imam Al-Ghozali lies in religious values, tolerance, discipline, and hard work. There are several differences in the values of character education from the perspective of K.H. Hasyim Asy'ari and Imam Al-Ghozali but actually complement each other. Among them are patience, qana'ah and tawadhu 'or humility.


Keywords


Character education, K.H. Hasyim Asy'ari, Imam Al-Ghozali

Full Text:

PDF

References


Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter : Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Anwar, Muhammad Jafar. 2015. Membumikan Pendidikan Karakter. Jakarta:CV. Suri Tatu’uw

Asmani, Jamal Ma’mur. 2013. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta:Diva Press

Arifin, M. & Barnawi. 2013. Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Doni Koesoema. 2010. Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta:Grasindo.

Darmiatun, Suryatri & Daryanto. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta:Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Saebani, Beni Ahmad & Hamid, Hamdani. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung:Pustaka Setia.

Salahudin, Anas dan Alkrienciehie, Irwanto. 2013. Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung:Pustaka Setia.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung:Remaja Rosdakarya

Saptono. 2011. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter; Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta:Esensi Erlangga Group.

Shihab, H.M. Quraisy. 1992. Membumikan Al-Quran. Bandung:Mizan cet. Ke-I

Shihab, H.M. Quraisy. 2010. Membumikan Al-Quran. Jakarta:Lentera Hati cet. Ke-II

Subagyo, P. Joko. 2004. Metode Peneitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudarto. 2001. Metodologi Penelitian Filsafat. Jakarta:Raja Grafindo

Sudirman. 1987. Ilmu Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya

Tanzeh, Ahmad. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta:Teras.

Fathurrohman, Pupuh dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung:Refika Aditama.

UU RI Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas

Koesoema, Doni. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Modern. Jakarta:Grasindo

Moleong, Lexy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya

Mahfud, Chairul. 2011. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Nata, Abuddin. 2013. Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta:Raja Grafindo Persada cet. Ke-2

Wiyani, Novan Ardy. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Yogyakarta:Teras.

Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta:Kencana

Nata Abudin. 2003. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Al-Ghozaly, Abi A’laa. 2009. Biografi Singkat Tokoh-Tokoh Sufi, Mutiara Hikmah & Wejangannya. Kediri:Reka Cipta Salafi

Sulaiman, Fathiyah Hasan. 1966. Al-Ghozali dan Plato dalam Aspek Pendidikan, terj. Mochtar Zoerni & Baihaki Shafiuddin. Surabaya: PT Bina Ilmu

Anwar, Saeful. 2007. Filsafat Ilmu al-Ghozali Dimensi Ontologi dan Aksiologi. Bandung: Pustaka Setia

Syukur, Amin dan Masyharuddin. 2002. Intelektualisme Tasawuf. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yasin, Mubarok dan Karyadi, Fathurrahman. 2011. Profil Pesantren Tebu Ireng. Jombang: Pustaka Tebu Ireng

Ni’am, Syamsun. 2013. Wasiat Tarekat Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media

Khuluq, Lathiful . 2000. Fajar Kebangunan Ulama: Biografi K.H. Hasyim Asy’ari. Yogyakarta: LkiS Printing Cemerlang

Hamid, Salahuddin dan Ahza, Iskandar. 2003. 100 Tokoh Islam Paling Berpengaruh di Indonesia. Jakarta: Intimedia

Dhofir, Zamakhsyari. 2011. Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES. Cet. Ke-9

Misrawi, Zuhairi. 2010. K.H Hasyim Asy’ari Moderas, Keumatan, dan Kebangsaan. Jakarta: Kompas Media Nusantara. Cet. Ke-2

Muzadi, K.H Abdul Muchith. 2003. Apa dan Bagaimana Nahdlatul Ulama. Jember: PCNU Jember. Cet. Ke-2

Irawan, Aguk MN. 2016. Penakluk Badai Novel Biografi KH. Hasyim Asy’ari. Yogyakarta: Kalam Nusantara

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Muhaimin. 2005. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Grafindo Persada

Roudlotul Dzihni. 2019. Studi Komparasi Nilai Pendidikan Karakter Prespektif Ki Hajar Dewantara Dan K.H Wahid Hasyim. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

Al-Ghozali, Imam. 2014. Ayyuhal walad. Magelang: Ma’had Tegalrejo

Asy’ari, Hasyim. Adabul Alim Wal Muta’alim. Tebuireng: Maktabah Turost Islami

https://www.portalsultra.com/milenial-generasi-narsis-krisis-moral.html diakses pada [13/4/2021]

https://quran.kemenag.go.id/pagesura/33, Kementrian Agama RI, Qur’an Kemenag diakses pada 15 April 2021 jam 18:43 wib

Al-Ghozali, Muhammad Ibn Muhammad Abu Hamid. 2018. Ihya’ Ulumuddin untuk orang Modern. Yogyakarta: Muezza

Surakhmad, Winarno. 1986. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Matta, M. Anis. 2006. Membentuk Karakter Cara Islam. Jakarta: Al-I’tishom Cahaya Umat

Rahmat, Djamika. 1987. Sistem Etika Islam. Surabaya: Pustaka Islami

Fitri, Agus Zaenul. 2012. Pendidikan karakter berbasis nilai & etika di sekolah. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v5i2.289

Article Metrics

Abstract view : 155 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.