Pembaharuan Pendidikan Pesantren Dalam Menghadapi Tantangan dan Hambatan di Masa Modern

Afga Sidiq Rifai

Abstract


Abstrak

 

Pesantren sebagai lembaga pendidikan yang bersifat nonformal harus mengadakan perubahan dan pembaharuan guna menghasilkan generasi-generasi yang tangguh, generasi yang berpengetahuan luas dengan kekuatan jiwa pesantren dan keteguhan mengembangkan pengetahuan yang tetap bersumber pada al-qur’an dan hadis. Dalam perkembangan zaman, pesantren saat ini berhadapan dengan arus globalisasi dan modernisasi yang ditandai dengan cepatnya laju informasi dan teknologi. “Karena itu, pesantren harus melakukan perubahan format, bentuk, orientasi dan metode pendidikan dengan catatan tidak sampai merubah visi, misi dan orientasi pesantren itu, akan tetapi perubahan tersebut hanya pada sisi luarnya saja, sementara pada sisi dalam masih tetap dipertahankan.

 

Kata kunci: pembaharuan; pesantren; hambatan

 

Renewal of Pesantren Education in Facing Challenges and Constraints in Modern Times


Pesantren as an educational institution that is non-formal must change and renewal in order to produce a formidable generations, a generation that is knowledgeable with soul force schools and determination to develop knowledge that remains rooted in the Qur'an and Hadith. In the times, pesantren is now faced with globalization and modernization, marked by the rapid flow of information and technology. "Therefore, schools must make changes in its format, orientation and educational methods with a note not to change the vision, mission and school's orientation, but such changes only on the outward side, while on the inside is still maintained.


Keywords


Renewal; Pesantren; Obstacles

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Amin, 20077. Islamic Studies dalam Paradigma Integrasi-Interkoneksi, Yogyakarta: Suka Press.

Assegaf, Rachman Abd. 2010. Pendidikan Islam Kontekstual, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azra, Azyumardi. 2000. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Ciputat: PT Logos Wacana Ilmu.

Daulay, Putra Haidar. 2004. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta: Prenada Media.

Khafifi, Muhammad. “Pembaharuan Sistem Pendidikan Pesantrenâ€, makalah.

Koncara, Lusiandani, Eka. “Konsep Pembaharuan dalam Islamâ€, Purwakarta. makalah

Maunah. 2009. Tradisi Intelektual Santri dalam Tantangan dan Hambatan Pendidikan Pesantren di Masa Depan, Yogyakarta: Teras

__________, 2009. Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktek, Yogyakarta: Teras

Nahrawi, Amirudin. 2008. Pembaharuan Pendidikan Pesantren, Yogyakarta: Gama Media.

Rahardjo, Dawam. 1985. Pergulatan Dunia Pesantren dari Bawah, Jakarta: P3M.

Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Sanaky, AH. Hujair. 2003. Paradigma Pendidikan Islam Membangun Masyarakat Madani Indonesia, Yogyakarta: Safiria Insania Press.

http://www.arwaniyyah.com/index.php?option=com_content&view=article&id=62:pesantren-dan-tantangan-zaman&catid=40:artikellepas&Itemid=54. diakses tgl 04-04-2012, pukul 13.57 WIB.

http://www.scribd.com/doc/25136062/Makalah-Manajemen-Pesantren, diakses tgl 05-04-2012, pukul 12.02 WIB.

http://nursyam.sunan-ampel.ac.id/?p=952, diakses tgl 05-04-2012, Pukul 15.49 WIB.




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v1i1.2

Article Metrics

Abstract view : 994 times
PDF - 160 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.