MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM MENGEMBANGKAN MINAT DAN BAKAT DI SMK NEGERI 1 KEBUMEN

Sudadi Yusron Masduki Rafita Purnama Sari

Abstract


Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Minat dan Bakat di SMK Negeri 1 Kebumen. Kajiannya dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti tentang pengelolaan ekstrakurikuler di sekolah tersebut yang terdapat beberapa bidang ekstrakurikuler aktif dan sering meraih prestasi. Dalam hal ini, tentu manajemen kegiatan ekstrakurikuler berjalan efektif karena sekolah ini sangat fokus dalam pembinaannya. Studi ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui manajemen perencanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam mengembangkan minat dan bakat di SMK Negeri 1 Kebumen? Untuk mengetahui manajemen pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat di SMK Negeri 1 Kebumen? Untuk mengetui manajemen evaluasi kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat di SMK Negeri 1 Kebumen? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kebumen.    Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret implementasi pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler dalam mengembangkan minat dan bakat. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Seluruh data dianalisis dengan alur reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah satu, dalam aspek perencanaan, seluruh pihak yang terlibat dalam bidang ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Kebumen mampu merencanakan tugasnya dengan baik, diantaranya memuat tujuan program yang jelas, rencana kerja yang teratur, pembinaan yang optimal. Kedua, Dalam aspek pelaksanaan, SMK Negeri 1 Kebumen memuat susunan organisasi, pembagian tugas, sarana dan prasarana, dan sumber dana, demikian itu telah diatur dengan baik sesuai dengan program kerja yang telah disusun sebelumnya. Ketiga, Sedangkan dalam aspek evaluasi dilakukan dimulai dari tingkat evaluasi pembina dalam bentuk tertulis dan praktik, serta evaluasi secara menyeluruh baik dalam hal teknis maupun pelaksanaan oleh waka kesiswaan berkoodinasi dengan kepala sekolah secara langsung.

 

Management of Extracurricular Activities in Developing Interest and Talent at SMK Negeri 1 Kebumen, Thesis, IAINU Kebumen Postgraduate Program, 2020 Management of Extracurricular Activities in Developing Interest and Talent at SMK Negeri 1 Kebumen. This research is motivated by the researcher's interest in the extracurricular management at the school which is available several active extracurricular activities and often makes achievements. In this case, of course the management of extracurricular activities is effective because the school is very focused on coaching. This study is made with the aim to find out the planning management of extracurricular activities develop interest and talent at SMK Negeri 1 Kebumen? the aim to find out the management of extracurricular activities to develop interest and talent at SMK Negeri 1 Kebumen? the aim to find out is evaluation management of extracurricular activities to develop interest and talent at SMK Negeri 1 Kebumen? These problems are discussed through a field study conducted at SMK Negeri 1 Kebumen.  This research uses a qualitative research. The school is used as a source of data to get implementation portrait of the extracurricular activity management in developing interest and talent. Data is obtained by interviews, observation, and documentation. All data are analyzed by means of data reduction, data presentation, and conclusions. This research is conducted with the aim of knowing how Management of Extracurricular Activities in Developing Interest and Talent at SMK Negeri 1 Kebumen. This study shows that: First, in aspects planning, all parties involved in extracurricular activities at SMK Negeri 1 Kebumen is able to plan its tasks well, including contains clear program objectives, regular work plans, coaching optimal. Second, in the implementation aspect, SMK Negeri 1 Kebumen contains organizational structure, division of tasks, facilities and infrastructure, and sources of funds, thus, it has been properly arranged in accordance with the work program that has been arranged before. Third, while in the evaluation aspect, it starts from the level of supervisor evaluation in written and practical form, as well as evaluation as a whole both in terms of technical and implementation by assistant principal of student affairs coordinating along with the principal directly.

 


Keywords


Manajemen Ekstrakurikuler; Pengembangan Minat & Bakat; Extracurricular Management; Interest & Talent Development

Full Text:

PDF

References


Agustini, 2013, Pengelolaan dan Unsur-unsur Manajemen, Jakarta: Citra Pustaka

Ali, Mohammad, dkk., 2011, Psikologi Remaja PerkembanganPeserta Didik, Jakarta: Bumi Aksara.

Ali, Mohammad dan Muhammad Asrori, 2014, Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, 1992, Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Choliq, Abdul, 2014, Pengantar Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Darajat, Zakiah, 1982, Mencari Bakat Anak- Anak, Jakarta: Bulan Bintang.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2002, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimah, Enung, 2010, Psikologi Perkembangan, Bandung: Pustaka Setia.

Hasibuan, Malayu S.P, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahan, Bandung: Bumi Aksara.

Istiqomah, Dewi, 2019, Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Pengembangan Minat dan Bakat Peserta Didik di MTs Al-Istiqomah Giri Mulyo Marga Sekampung Lampung Timur, Tesis, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.

Izzan, Ahmad dan Saehudin, 2012, Tafsir Pendidikan; Studi Ayat-ayat Berdimensi Pendidikan, Banten: Pustaka Aula Media.

Karwati, Euis dan Donni Juni Priansa, 2014, Manajemen Kelas; Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi, Bandung: Alfabeta.

Kasan, Tholib, 2005, Teori dan Apliaksi Administrasi Pendidikan, Jakarta: Studia Press.

Mahmud, 2011, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.

Moleong, Lexy J, 2015, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mujahidin, Endin, 2005, Pesantren Kilat Alternatif Pendidikan Agama Luar Sekolah, Jakarta: Pustaka al-Kaustar.

Munandar, Utami, 2009, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta.

Mustaqim, dkk., 2003, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Permendikbud, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor62 Tahun 2014tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Permendikbud, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler Poerbakawatja, Soegarda, Ensiklopedi Pendidikan, Jakarta: Rajawali, 1989

Sadirman, 1997, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful, 2006, Manajemen Berbasis Sekolah & Masyarakat; Strategi Memenangkan Persaingan Mutu, Jakarta: Nimas Multima.

Said, 2012, Dampak Kegiatan Ektrakurikuler Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik di SMK Negeri 2 Raha, Tesis, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar, Makassar.

Shaleh, Abdul Rahman dan Muhib Abdul Wahab, 2004, Psikologi suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta: Prenada Media.

Sisdiknas, Undang-Undang Republik IndonesiaNomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 1995

Sudiran, dkk, Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam di SMK Penerbangan Techno Terapan Makasar, Jurnal Diskursus Islam Vol. 03 No. 3, Desember 2015. p. 443-467.

Sugiyono, 2003, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut, 1987, Bimbingan Karir di Sekolah-Sekolah, Jakarta: Galia Indonesia.

ukmadinata, Nana Syaodih, 2013, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryani, P, 2017, Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Binangun dan SMA Negeri 1 Binangun Kabupaten Cilacap, Tesis,Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, Purwokerto.

Syah, Muhibbin, 2014, Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Yusuf, Muri, 2003, Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan, Jakarta: Prenadamedia Grup.




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v4i2.196

Article Metrics

Abstract view : 499 times
PDF - 142 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.