IMPLEMENTASI MEDIA STRIP STORY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST POKOK BAHASAN GEMAR MEMBACA SURAT AL-BAYYINAH KELAS VI MI AL-ULUM BANDONGAN MAGELANG

Agung Santoso Santoso

Abstract


Serangkaian interaksi yang dibutuhkan agar proses belajar mengajar dapat berlangsung menyangkut semua aspek termasuk materi dan medianya. Seperti kenyataan yang ada bahwa banyak media yang dapat digunakan dalam menyampaikan materi-materi dalam pembelajaran. Untuk itu guru harus bisa memilih dan menerapkan suatu media yang sesuai dengan kondisi yang ada dalam lingkungan sekolah. Hal ini dimaksudkan agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:(1)Implementasi media Strip Story sehingga dapat meningkatkan kemampuan  menghafal surah Al-bayyinah pada kelas VI MI AL-ULUM Bandongan Magelang. (2) tingkat minat siswa dalam menghafal surah Al-bayyinah  dengan menggunakan media Strip Story. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan media Strip Story dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist pokok bahasan Gemar Membaca Surat Al-Bayyinah pada kelas VI MI Al-Ulum Bandongan Magelang, tahun ajaran 2017/2018. (2) Pengunaan media Strip Story  mampu meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist pokok bahasan Gemar Membaca Surat Al-Bayyinah pada kelas VI MI Al-Ulum Bandongan Magelang, tahun ajaran 2017/2018.

 

 

 

A series of the interaction that needed to make the teaching and learning process can last related to all aspects of including matter and medianya .Such as the fact that is that many media that can be used in conveying items in their experiences .For that teachers have to cannot vote and applying a media in accordance with their condition which is in the vicinity of the school .It is aimed the the teaching and learning process can work well the purpose of this study is to find: (1) the implementation of media strip story so can increase the ability of memorization chapter al-bayyinah on class vi mi al-ulum bandongan magelang.(2) the rate of interest of students in memorization chapter al-bayyinah with uses the media strip story.penelitian this was done in research methods have the act of a class ( ptk ). The result of the research indicated that: (1) media uses a strip story can improve student learning achievements in their experiences it an hadist subjects of is reading a letter al-bayyinah on class vi mi al-ulum bandongan magelang , the academic year 2017 / 2018 .(2) on use media strip story capable of interest of students in learning it an hadist subjects of is reading a letter al-bayyinah on class vi mi al-ulum bandongan magelang , the academic year 2017/2018

 

 


Keywords


Implementasi Media Strip Story;Prestasi Siswa; Minat Siswa; implementation media strip, story this amount of; student interest

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar, 2003. Media Pembelajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada

Asmani, Jamal, 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Jakarta : Diva Press

A.W.Munawir, 1997.Kamus Al-Munawir Arab-Indonesia Terlengkap, Surabaya: Pustaka Progresif

Baharudin, 2010. Pendidikan dan Psikologi Perkemangan, Jogjakarta : Ar-ruzz Media

G.Wulo, 2002. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : PT.Grasindo

Hadjar Ibnu, 1996. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan, Jakarta : Grafindo Persada

Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. (Cetakan ke-7). Bandung : PT Citra Aditya Bakti

Hamalik, Oemar, 2001. Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara

Heinich, dkk, 1982. Instrutional Media and The New Technologies of Instruction, New York : John Wiley & Sons

Ibrahim, Abdulhalim, 1962. Almuwajjih Alfanniy Limudarrisiy Ilugat al-Arabiyah, Cairo : Daarulmaarif

Ismail SM, 2009. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAKEM, Semarang, RaSAIL

Kunandar, 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta : Rajawali Press

Latifah, 2011. Effektifitas Penggunaan Media Strip Story Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca di Pondok Pesantren Darussalam Sukalila Jatibarang Indramayu Jawa Barat. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Pascaarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Levie, W. Howard dan Levie, Diane, 1975. Pictorial Memory Processes, AVCR Vol . 23 No. 1 Spring 1975. pp. 81-87

Nasution S, 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta : PT Bumi Aksara

Ramyulis, 2002. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kalam Mulia

Saputri, Renda, 2014. Eksperimentasi Media Strip Story Terhadap Pemahaman Teks Bahasa Arab Kelas VIII C MTs Mu’allimin Parakan Temanggung Tahun Ajaran 2013/2014, Sekripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas IslamNegeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Sadiman, Arif S.2009.Media Pendidikan, Jakarta : Rajawali Press

Subyantoro, 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Semarang : CV.Widya Karya

Suroso, 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta : Pararaton

Suryabrata, Suradi, 2010. Psikologi Pendidikan, Jakarta : Rajawali Press

Syah Muhibbin, 2009. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung : Remaja Rosdakarya

Syaodih Nana S, 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidik, Bandung : PT Remaja Rodakarya

Syukur, Fatah, 2005. Teknologi Pendidikan, Semarang : Rasail

Wayan, N dan PPN Sunartana, 2006. Evaluasi Hasil Belaja,. Surabaya : Usaha Nasional

Webster, Merriam, 1983. Webster’s Ninth New Cllegiate Dictionary Merriam Webster Inc

Ws, winkel, 1993. Psikologi dan Evaluasi Belajar, Jakarta : Gramedia

Yunus, Mahmud Prof, 1942. Attarbiyah watta’liim, Mathba’ah Padang Panjan




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v4i2.195

Article Metrics

Abstract view : 151 times
PDF - 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.