ANALISIS KRITIS PEMIKIRAN PENDIDIKAN PROGRESIF MUHAMMAD ‘ATHIYAH AL-ABRASYI

Imam Anas Hadi

Abstract


Abstract

Islamic education is very important for live, should the Islamic Education in family and school can form the child’s personality intact, faithful and devout, but the reality shows the relationship that is too loose between parents and childern. A sociologist calls it is crisis the authority of parents. Muhammad “Athiyah Al-Abrasyi offer contributions to islamic educations. He is well known in education. The works are widely used as a reference. The purpose of this paper is to know the biography and thoughts of Athiyah-Al Abrasyi about Islamic Education. This research whose data obtained by library research directed in understanding the messeges that exist in a text. This research includes biographical research because trying to conclude, analyze and make interpersonal thought about leader. The finding of the research is he’s an education expert whose last position as professor in Darul-Ulum at Egypt. He mastered several languages other than arabic, like english, hebrew and Suryani. Muhammad Athiyah Al-Abrasyi’s thoughts about islamic religious education is to prepare people to live perfectly and happily, to love the land, to be uprigh, to be perfect, to be mindful, to be ordely, to feel good, to be good at work. The basic of islamic education is that there is no age limit to start learning, ther is no limit to the length of  time childern learn in school. The main purpose of islamic religious education is the formations of high morals, with some formulation that is to achieve perfect morality, pay attention to religion and world at sametime, pay attention to its benefit, learn science to get its benefits, vocational education, carpentry to seek get its fortune. Yhe concept is morals is moral education and morals (akhlak).

 

abstrak

Islam dalam keluarga dan sekolah dapat membentuk kepribadian anak yang utuh, beriman dan bertakwa, namun realitanya (das sein) menunjukkan terjadinya hubungan yang agak terlepas antara ibu-bapak dengan anak-anaknya. Seorang ahli sosiologi menamakannya krisis kewibawaan orang tua. Muhammad ‘Athiyah Al-Abrasyi menawarkan kontribusi dari pendidikan Islam. Beliau dikenal oleh para ahli dalam bidang pendidikan, di mana karya-karyanya banyak dipakai sebagai rujukan. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui biografi dan pemikiran ‘Athiyah Al-Abrasyi tentang pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang datanya didapat dengan melakukan penelitian pustaka (library research) diarahkan dalam memahami pesan-pesan yang ada dalam suatu teks. Penelitian ini termasuk penelitian biografi, karena berusaha menyimpulkan, menganalisis dan membuat interpretasi mengenai pemikiran tokoh. Temuan hasil penelitian adalah beliau pakar pendidikan yang memiliki jabatan terakhir sebagai guru besar di Dar al-Ulum Mesir. Ia menguasai beberapa bahasa di samping bahasa Arab, seperti bahasa Inggris, Ibrani dan Suryani. Pemikiran Muhammad ‘Athiyah Al-Abrasyi tentang pendidikan agama islam adalah mempersiapkan manusia supaya hidup dengan sempurna dan berbahagia, mencintai tanah air, tegap jasmaninya, sempurna budi pekertinya (akhlaknya), teratur pikirannya, halus perasaannya, halus perasaannya, mahir dalam pekerjaannya, manis tutur katanya baik dengan lesan maupun dengan tulisan. Dasar pendidikan Islam yaitu tidak ada pembatasan umur untuk mulai belajar, tidak ada batasan lamanya anak belajar di sekolah. Tujuan utama dari pendidikan Islam adalah pembentukan moral yang tinggi., dengan beberapa rumusan yaitu mencapai akhlak yang sempurna, memperhatikan agama dan dunia sekaligus, memerhatikan segi-segi manfaat, mempelajari ilmu untuk memdapat kan dzat itu sendiri, pendidikan kejuruan, pertukangan untuk mencari rizqi. Konsepnya adalah  pendidikan moral dan akhlak.


Keywords


pemikiran, pendidikan, analisis

Full Text:

PDF

References


Al-Abrasyi, Muhammad ‘Athiyah, 1969, Al-Tarbiyah al-Islamy, Baerut: daru al-Fikri.

-------------, 1962, Ruh al-Tarbiyah wa Ta’lim, Kairo: Dar Ihya al-Kutub al-Arabiyah.

-------------, 1969, At-Tarbiyah Al-Islamiyah wa Falsafatuha, Baerut: Dar al-Fikri.

-------------, 1969, Ruh Al-Islam, Mesir: Dar al-Ihya’ al-Kutub al-‘arabiyati.

-------------, 1976, At-Tarbiyah Al-Islamiyah wa Falsafatuha Mesir: Isa Babi al-Halabi, Cet. III.

--------------, 1976, At-Tarbiyah Al-Islamiyah, Mesir: Isa Babi al-Halabi, Cet. III.

Abdul Mujib & Yusuf Mudzakkir, 2006, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Predana Media.

Al-Kaaf, Abdullah Zaky, 2003, Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.

Anwar dan Arsyad Ahmad, 2004, Pendidikan Anak dari Usia (Panduan Ibu dan Calon Ibu), Bandung: Alfabeta.

Arif, Armai, 2002, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputra Pers.

Marimba, Ahmad, 1981, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Al-Ma’arif, Cet. 5.

Dakir, 1993, Dasar-Dasar Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darojat, Zakiah, 2000, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, Cet. 4

Djuaely, Irsyad, 1998, Pembaharuan Kembali Pendidikan Islam, Jakarta: Karsa Utama Mandiri dan PB. Matlo’ul Anwar.

Hamalik, Omar, 1989, Pengajaran Unit Pendekatan Sistem, Bandung: Mandar Maju, Cet. 5

Haryono, 2000, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rinika Cipta, Cet. 2

Hidayah, Isti & Sugiarto, 2002, Media Pengajaran Matematika: hand out Workshop Pendidikan Dasar, Semarang: Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Unnes.

Langgulung, Hasan, 2000, Azas-Azas Pendidikan Islam, Jakarta: Husna Zikra.

------------, 1985, Pendidikan dan Pembaharuan Islam, Jakarta: Al-Husna.

------------, 1987, Azas-Azas Pendidikan Islam, (Jakarta: Pustaka al-Husna.

Musbikin, Imam, 2003, Mendidik Anak ala Shinchan, Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Mustaqim, 2001, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nasution, Harun, 1982, Islam ditinjau dari beberapa Aspek, Jakarta: Bulan Bintang.

Purwanto, Ngalim, 1995, Ilmu Pendidikan Teori dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdjakarya.

-------------, 1995, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdjakarya, Cet. 10.

Sahertian, Piet. A. & Frans Magnis Suseno Matahera, 1981, Tekhnik dan Supervisi Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.

Shihab, M. Quraish, 2003, Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhui atas Pelbagai Persoalan Umat, Bandung: Mizan.

Suewanto, Sarjono, 1997, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, Cet. 24

Suwarno, 1982, Pengantar Umum Pendidikan, Jakarta: Aksara Baru.




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v2i2.17

Article Metrics

Abstract view : 680 times
PDF - 279 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.