Pengaruh Skill Manajerial Kepala Madrasah Terhadap Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Mbs) Di Mts Tarbiyatul Athfal Nambuhan Grobogan

Fitria Nita Witanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Skill Manajerial Kepala Madrasah Terhadap Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di MTs Tarbiyatul Athfal Nambuhan Grobogan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui Quesioner, Interview, Observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru MTs Tarbiyatul Athfal Nambuhan, yang sekaligus dijadikan sampel dengan jumlah 20 guru. Hasil analisis data, menunjukan bahwa kedua variabel termasuk dalam kategori baik yaitu variabel X dengan mean 74,85 sedangkan variabel Y dengan mean 69,3. Sedangkan, pengaruh skill manajerial kepala madrasah terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS) dalam uji korelasi pearson product moment diketahui sebesar 0,776. Selanjutnya didapat: Freg = 27,254. Perbandingan antara Freg dengan Ftabel, yaitu pada taraf signifikansi 1% dan 5% diperoleh Freg > Ftabel. Sehingga dapat disimpulkan hipotesis yang diajukan oleh penulis diterima. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan peneliti dapat diterima kebenarannya yang berarti ada pengaruh positif antara skill manajerial kepala madrasah terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS) di MTs Tarbiyatul Athfal Nambuhan. Semakin baik skill manajerial yang dikuasai kepala madrasah, maka semakin baik pula implementasi MBS di madrasah.

Kata Kunci:     skill manajerial kepala madrasah; implementasi manajemen berbasis sekolah.

 

This study aims to determine the influence of Madrasah Head Manager's Skill on School Based Management Implementation (MBS) at MTs Tarbiyatul Athfal Nambuhan Grobogan. This research uses descriptive research type with quantitative approach. While the data collection techniques in this study is through Quesioner, Interview, Observation and documentation. Population in this research is MTs teacher Tarbiyatul Athfal Nambuhan, which also used as sample with number of 20 teacher. The results of data analysis, showed that both variables included in either category ie variable X with mean 74.85 while variable Y with mean 69.3. Meanwhile, the influence of madrasah head managerial skill on school-based management (MBS) implementation in Pearson product moment correlation test is known as 0.776. Hereinafter obtained: Freg = 27,254. Comparison of Freg with Ftabel, that is at significance level 1% and 5% obtained Freg> Ftabel. So it can be concluded the hypothesis proposed by the authors accepted. Thus, the hypothesis proposed by the researcher can be accepted by the truth which means there is a positive influence between managerial skill of madrasah head towards implementation of school based management (MBS) in MTs Tarbiyatul Athfal Nambuhan. The better the managerial skills controlled by madrasah head, the better is the implementation of SBM in the madrasah.


Keywords


managerial skill headmaster; implementation of school-based management.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bafadal, Ibrahim. 2009. Seri Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Ber¬basis Sekolah Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar Dari Sentralisasi Menuju De¬sentralisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Barlian, Ikbal. 2013. Manajemen Berbasis Sekolah Menuju Sekolah Berprestasi. n.p.: Esensi Erlangga Group.

Danim, Sudarwan dan Suparno. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan: Visi dan Strategi Sukses Era Teknologi, Situasi Krisis dan Internasional Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif Ancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Peneliti Pemula Bidang Ilmu-Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Bandung: Pustaka Setia.

Hadi, Sutrisno. 2004. Statistik (Jilid 2). Yogyakarta: Andi.

Helmawati. 2014. Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah/ Madrasah Melalui Manajerial Skills. Jakarta: Rineka Cipta.

Margono, S. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK, Cet. 9. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, E. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi, dan Imple¬mentasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2004. Pedoman Manajemen Berbasis Madrasah. Departemen Agama RI : Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Mulyasa, E. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurkolis. 2008. Manajemen Berbasis Sekolah Teori, Model, dan Aplikasi, Cetakan Keempat. Jakarta: PT Grasindo.

Pidarta, Made. 2011. Manajemen Pendidikan Indonesia, Cetakan Pertama, Edisi III. Jakarta: Rineka Cipta.

Rosyada, Dede. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Fajar Interpratama Offset.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Shaleh, Abd. Rahman, dkk. 1982. Pedoman Pengelolaan Tehnis Madrasah Aliyah. Jakarta: Exact Enterpise.

Suharno. 2008. Manajemen Pendidikan (Sebuah Pengantar Bagi Calon Guru). Cetakan 1. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugono, Dendy. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Syafaruddin. 2004. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Ciputat: Ciputat Press.




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v1i2.11

Article Metrics

Abstract view : 216 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.