Implementasi Supervisi Klinis Dalam Pendampingan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (Pakem)

Sutomo Darmokusumo, Nur Kholis Ahmad

Abstract


Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, khususnya pendidikan dasar dengan memberdayakan sekolah dan masyarakat, serta meningkatkan kemampuan profesional guru. Proses pemberian bantuan kepada guru (pendampingan pembelajaran) dapat dilakukan secara efektif jika pendamping menguasai teknik pendampingan pembelajaran. Supervisi klinis memiliki dasar yang kuat dalam pembinaan profesional guru, karena supervisi klinis merupakan konsep pembinaan yang miliki peluang yang besar untuk diimplementasikan dalam program pendampingan PAKEM karena kegiatan ini berpusat pada guru atau teacher centered supervision. Sedangkan istilah klinikĀ  untuk menggambarkan dan memberikan tekanan khusus pada observasi kelas, analisis peristiwa mengajar di kelas dan tingkah laku guru (calon guru) dengan siswa di dalam kelas. Supervisi klinis merupakan proses membantu guru untuk memperkecil ketidaksesuaian atau kesenjangan antara perilaku mengajar yang sebenarnya dengan perilaku mengajar yang ideal. Supervisi klinis memiliki karakteristik dan siklus yang berkesinambungan.


Keywords


Superivisi klinis; pendampingan pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Acheson, K.A. & Gall, M.D. 1980. Technique in Teh Clinical Supervision of Teachers Perspective and Inservice Application. New York: Longman Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.