ANALISIS STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT NELAYAN DI KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK

Dewantari Haurra Faricandy

Abstract


Masyarakat di Kecamatan Bonang sebagian besar bermata pencarian sebagai nelayan dengan jumlah 9.986 orang. Semua nelayan di Kecamatan Bonang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB). Nelayan di Kecamatan Bonang masih menggunakan alat tangkap tradisional dan menggunakan kapal kecil dengan kapasitas 1 sampai 4 orang untuk kegiatan penangkapan ikan. Hasil tangkapan perikanan laut baik di Kecamatan Bonang maupun di kecamatan-kecamatan lainnya di Kabupaten Demak hanya boleh dilelang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Hampir semua nelayan di Kecamatan Bonang tidak memili sumber pendapatan lain dan bergantung pada hasil dari tangkapan. Bantuan dana yang diberikan melalui beberapa program pemberdayaan yang dilaksanakan dinilai belum tepat. Selain itu kondisi nelayan yang tidak pasti dan tidak adanya agunan membuat mereka sulit mendapatkan pinjaman modal.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapat dari hasil indepth interview dengan key persons yang kemudian disusun menjadi aspek dan alternatif strategi pemberdayaan nelayan. Selanjutnya untuk menentukan urutan prioritas dari aspek dan alternatif strategi pemberdayaan nelayan menurut key persons, digunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process).Berdasarkan hasil wawancara dan indepth interview  dengan key persons, dirumuskan lima aspek dan tiga belas alternatif untuk strategi pemberdayaan masyarakat nelayan di Kecamatan Bonang.Urutan aspek strategi pemberdayaan masyarakat nelayan di Kecamatan Bonang berdasarkan hasil dari analisis AHP yaitu : Aspek Ekonomi, Aspek Sosial, Aspek Teknologi, Aspek Lingkungan dan Aspek Kelembagaan. Sementara itu urutan lima prioritas alternatif strategi pemberdayaan nelayan di Kecamatan Bonang adalah : Bantuan langsung berupa alat, Bantuan langusng berupa dana, Pengembangan akses permodalan, Sosialisasi dan pelatihan usaha pengolahan sumberdaya perikanan, Meningkatkan sosialisasi pengetahuan dan keterampilan tentang pengelolaan perikanan menuju pelestarian sumberdaya perikanan.


Full Text:

PDF

References


AT, C. 2001. Sustainable fishery systems. London: Blackwell Science Ltd.

BPS. 2012. Demak dalam Angka 2012. Kabupaten Demak.

BPS. 2013. Demak dalam Angka 2013. Kabupaten Demak.

BPS. 2014. Demak dalam Angka 2014. Kabupaten.

BPS. 2015. Demak dalam Angka 2015. Kabupaten Demak.

BPS. 2016. Demak dalam Angka 2016. Kabupaten Demak.

BPS. 2017. Demak dalam Angka 2017. Kabupaten Demak.

Cahyadinata, I. 2011. Rumusan dan Penentuan Prioritas Strategi Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir di Kota Bengkulu. Bengkulu.

Dahuri R, J. S. 2001. Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan secara Terpadu. Jakarta: Pradnya Paramita.

Dinas Kelautan dan Perikanan. 2015. Laporan Tahunan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Demak Tahun 2015. Kabupaten Demak.

Dinas Kelautan dan Perikanan. 2016. Laporan Tahunan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Demak Tahun 2016. Kabupaten Demak.

Dinas Kelautan dan Perikanan. 2017. Laporan Tahunan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Demak Tahun 2017. Kabupaten Demak.

Hikmat, A. 2006. Pemberdayaan Masyarakat Bandung. Bandung: Humaniora Utama Press.

Kusnadi. 2003. Akar Kemiskinan Nelayan . Yogyakarta: LKis Pelangi Aksara.

Kusnadi, S. S. 2007. Strategi Hidup Masyarakat Nelayan. Yogyakarta: LKis Pelangi Aksara.

Mawuntu, V. C. 2015. Profil Perikanan Tangkap dan Strategi Pengelolaan Sumberdaya Perikanan Tangkap di Karimunjawa, Jawa Tengah. Skripsi, Progeam sarjana Universitas Diponegoro.

Nasution A, B. 2007. Sosial Budaya Masyarakat Nelayan Konsep dan Indikator Pemberdayaan . Jakarta: Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan.

Nikijuluw, P. 2001. Populasi dan Sosial Ekonomi Masyarakat Pesisir serta Strategi Pemberdayaan Mereka dalam Konteks Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Secara Terpadu. Makalah pada Pelatihan Pengelolaan Pesisir Terpadu. Proyek Pesisir. Bogor: Jurnal Pusat Kajian Sumberdaya pesisir dan Lautan PKSPL.

Saaty, T. L. 1993. Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sartika, I. 2012. Evaluasi Kebijakan Pemberdayaan Nelayan. Jakarta: Institut Pemerintahan Dalam Negri.

Sipahelut, M. 2010. Analisis Pemberdayaan Masyarakat Nelayan di Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara. Tesis, Program Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor.

Siswanto, B. 2008. Kemiskinan dan Perlawanan Kaum Nelayan. Malang: Laksbang Mediatama.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D Ed ke-2. Bandung: Alfabeta.

Suharto, E. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Kajian Strategi Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 100 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.