ANALISIS RASIO PROFITABILITAS DAN RASIO PASAR TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN INDEKS LQ-45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2017

Wyno Prabowo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Rasio Profitabilitas dan Rasio Pasar terhadap Harga Saham perusahaan indeks LQ-45. Rasio-rasio keuangan yang diteliti yaitu rasio Return On Asset (ROA), Return On Equity(ROE), Net Profit Margin (NPM) dan Earnings Per Share (EPS). Penelitian ini menggunakan metode asosiatif kausal (sebab-akibat) dengan pendekatan kuantitatif, data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari laporan keuangan perusahaan Indeks LQ-45 yang terdaftar di BEI pada tahun 2013-2017. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini ada 34 perusahaan dan dianalisis menggunakan software SPSS versi 24. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji asumsi klasik, uji korelasi, uji regresi. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan koefisien determinasi, uji t dan uji F. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel ROA dan EPS secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan variabel ROE dan NPM secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara simultan variabel ROA, ROE, NPM dan EPS berpengaruh signifikan terhadap harga saham.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Kamaruddin. (2004). Dasar-dasar Manajemen Investasi. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta. Bodie, Kane dan Marcus.

Brigham, E F. Dan Houston, J F. 2006. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Penerjemah : Ali Akbar Yulianto. Edisi II. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat, 2010.

Darmadji, T.HM Fakhrudin. 2006. Pasar Modal di Indonesia Pendekatan Tanya Jawab. Salemba Empat, Jakarta

Dianata Eka Putra, Berburu Uang Dipasar Modal, (Semarang: Effhar, 2013), Hlm 71

Fahlevi, Ilham Reza. 2013. Pengaruh Rasio Likuiditas, Profitabilitas Dan Solvabilitas Terhadap Harga Saham Pada Industri Perbankan Yan Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010. Skkripsi. Jakarta: Universitas Negeri Syarif Hidayatulah Jakarta.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat, Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Hariyani, I., & Purnomo, S. D. (2010). Buku Pintar Hukum Bisnis Pasar Modal ( Strategi Tepat Investasi Saham, Obligasi, Waran, Right, Opsi, Reksadana, & Produk Pasar Modal Syariah). Jakarta Selatan: Visi Media.

Heriyati Chrisna. (2011). Pengaruh Return On Equity, Net Interest Margin dan Dividend Payout Terhadap Harga Saham Perbankan di Bursa Efek Indonesia. Tesis. Magister Akuntansi Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara.

Http://Www.Idx.Co.Id (Diakses pada tanggal 3 Oktober 2018).

Husnan, Suad dan Enny Pudjiastuti. (2006). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi Kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Jogiyanto Hartono. 2008. Teori Portofolio Dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE

----------. 2010. Teori Portofolio Dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE

Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Lestari, Maharani Ika dan Toto Sugiharto.2007. Kinerja Bank Devisa Dan Bank Non Devisa Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek & Sipil). 21-22 Agustus, Vol.2. Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma.

Mayfi, F Dan Rudianto, D. (2014). Analisis Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Perusahaan Terhadap Return Saham. Jurnal Mix, Volume Iv, No. 3, Oktober 2014.

Moeljadi. “Manajemen Keuangan: Pendekatan Kuantitatif dan Kuaitatifâ€, Bayumedia, Malang, 2006.

Nahoji, S. J. M., Abadi, H. R. D., Rafat, B. (2014). “The relationship between stock prices and debt ratio and Capital flows with assetsâ€. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research In Business. Vol 6, No 1. May 2014.

Nur Syarifudin Dan Astri Fitria . 2013. Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas Dan Rasio Pasar Terhadap Return Saham. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol. 2 No. 2 (2013)

Polii, P. J., Saerang, L., & Mandagie, Y. (2014). Rasio Keuangan PengaruhnyaTerhadap Harga Saham pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa yang Go Public di Bursa Efek Indonesia . Jurnal EMBA, 993-1004.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suresh, A.S., 2013. A Study on Fundamental and Technical Analysis. Dalam International Journal of Marketing, Financial Services & Management Research, 2(5).

Tandelilin, Eduardus. (2001). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Yogyakarta: BPFE-UGM.

Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio Dan Investasi (Teori Dan Aplikasi). Edisi Pertama. Yogyakarta: Kanisius.

Tjipto Darmaji dan M. Henry Fakhruddin. (2001). Pasar Modal di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.61689/bisecer.v3i1.160

Article Metrics

Abstract view : 661 times
PDF - 176 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.