PENGARUH PEMBERDAYAAN, KOMUNIKASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN SEMARANG

Aslichatin Aslichatin

Abstract


Latar belakang masalah penelitian ini yaitu pegawai enggan diberdayakan karena merasa mampu dalam menyelesaikan pekerjaannya sehingga menolak  terhadap program pemberdayaan, masih terjadi distorsi dan miskomunikasi yang berakibat menimbulkan prasangka negatif, lingkungan kerja kurang mendapat perhatian yang serius karena lebih mengedepankan sisi administrasi dibandingkan dengan faktor pendukung lainnya, kinerja pegawai mengalami penurunan disebabkan oleh beban kerja bertambah dan kurang mempunyai inisiatif kerja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pemberdayaan, komunikasi dan lingkungan kerja secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap kinerja pegawai Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberdayaan, komunikasi dan lingkungan kerja secara parsial dan simultan terhadap kinerja pegawai Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Semarang. Teori yang digunakan menurut Priansa (2016) untuk meningkatkan kinerja pegawai yang dilakukan organisasi salah satunya melalui pemberdayaan pegawai. Menurut Newstorm dalam Kaswan (2015) komunikasi yang jelas dan efektif akan meningkatkan kinerja pegawai. Menurut Nitisemito dalam Maulana (2015) lingkungan kerja yang kondusif akan dapat mendorong pegawai untuk bekerja lebih baik dan bersungguh-sungguh dalam bekerja sehingga kinerja pegawai dapat tercapai dengan optimal.

Jenis penelitian asosiatif. Populasi dan sampel 43 responden dengan teknik sampel total atau sensus. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji instrumen menggunakan validitas dan reliabilitas. Teknik analisa data menggunakan korelasi sederhana dan berganda, regresi linier sederhana dan berganda, determinasi (adjusted R square), uji t dan uji F.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai regresi berganda Y = 10,857 + 0,364X1 + 0,250X2 + 0,187X3. Nilai determinasi (adjusted R square) sebesar 0,541 artinya pemberdayaan, komunikasi dan lingkungan kerja mampu menjelaskan terhadap kinerja pegawai sebesar 54,1%.  Uji t secara parsial menunjukkan bahwa pemberdayaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai yang ditunjukkan dari nilai thitung 4,149 > ttabel 2,042 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Komunikasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai yang ditunjukkan dari nilai thitung 2,578 > ttabel 2,042 dengan tingkat signifikansi 0,014 < 0,05. Lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai yang ditunjukkan dari nilai thitung 2,340 > ttabel 2,042 dengan tingkat signifikansi 0,024 < 0,05. Uji F secara simultan menunjukkan bahwa pemberdayaan, komunikasi dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai yang ditunjukkan dari nilai Fhitung 17,530 > Ftabel 2,850 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05.


Full Text:

PDF

References


Athoillah, Anton. (2010). Dasar-Dasar Manajemen. Cetakan Pertama. Bandung : Penerbit Pustaka Setia.

Dewi, Nurul Rohana. (2014). Pengaruh Kemampuan, Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada BMT Taruna Sejahtera). Skripsi tidak diterbitkan. Salatiga : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Kaswan. (2015). Sikap Kerja Dari Teori dan implementasi Sampai Bukti. Cetakan Kesatu. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Maulana, Subechi. (2015). Pengaruh Konflik Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PDAM Tirta Moedal Kota Semarang). Skripsi tidak diterbitkan. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Baru Press.

Nurmiyati, N., & Alid, I. H. (2019). Pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Melalui Kelompok Ekonomi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus: Desa Nyatnyono Ungaran Barat). BISECER (Business Economic Entrepreneurship), 2(2), 47-57.

Panjaitan, Biller. (2016). Pengaruh Komunikasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Rumah sakit Daerah Cibabat Cimahi. Jurnal Manajemen, Volume 13, Nomor 2, hal 13-49.

Priansa, Donni Juni. (2016). Perencanaan dan Pengembangan SDM. Cetakan Kedua. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Putri, Adetya Vianty dan Ardana, I Komang. (2016). Pengaruh Motivasi dan Pemberdayaan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan PT. HD Motor 99 Denpasar. Jurnal Manajemen, Volume 3, ISSN : 2477-2097.

Rasjid, Efendy dan Maramis, Diana R. (2017). Pengaruh pemberdayaan dan Kepuasan Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di Lingkungan Politeknik Negeri Manado. Jurnal Manajemen, Volume 3-ISSN : 2477-2097.

Rusmawati, Yunni. (2016). Pengaruh Motivasi, Komunikasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Andalam Pasific Samudra di Surabaya. Jurnal EKBIS, Vol. XV, No. 1.

Warsidi. (2012). Pengaruh kepemimpinan Visioner dan Pemberdayaan Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Tata Ruang dan Permukiman Kabupaten Cianjur (Studi Terhadap Persepsi Pegawai di Lingkungan Kab. Cianjur). Jurnal Ekonomi.

Wardhani et.al. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja, Komunikasi dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang). Jurnal Manajemen, Volume 2, No. 2.


Article Metrics

Abstract view : 32 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.